Asia Africa Festival 2020 Representasikan Keharmonisan Dua Benua

0
494

Bandung akan kembali menggelar Asia Africa Festival untuk keenam kalinya pada Sabtu, 11 April 2020, di sepanjang Jalan Asia Afrika. Merayakan persatuan, persahabatan, dan sinergi yang muncul melalui keberagaman, festival ini akan menampillkan dua acara utama, yakni Asia Africa Expo dengan tema budaya kedua benua dan Asia Africa Carnival.

Di pameran kebudayaan, para pengunjung dapat mengenal lebih dalam berbagai kebudayaan negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA). Setiap booth dalam pameran tersebut akan berisi informasi soal kebudayaan, pariwisata, dan makanan khas daerah tertentu. Pengunjung bahkan berkesempatan untuk mencicipi berbagai makanan daerah dari negara-negara ini!

Sementara itu, acara Asia Africa Carnival menampilkan parade kostum warna-warni yang memamerkan budaya negara-negara Asia dan Afrika, mulai dari baju-baju tradisional hingga berbagai kostum unik yang merepresentasikan tarian dan cerita rakyat. Pengunjung pasti puas melihat penampilan wakil-wakil negara peserta KAA dalam balutan kostum warna-warni yang seperti tidak ada habisnya. Di tahun 2019 saja, peserta parade ini diperkirakan mencapai 2.000 orang! Asia Africa Carnival jelas merupakan sebuah perayaan besar yang dipenuhi dengan keberagaman budaya.

Asia Africa Carnival dimulai dan diakhiri di sepanjang Jalan Asia Afrika. Dengan ditutupnya jalan ini dari kendaraan bermotor, pengunjung dapat berdiri di sisi-sisi jalan raya untuk menikmati persembahan parade budaya ini. Manjakan mata Anda dengan warna-warni meriah berbagai kostum daerah. Nikmati alunan merdu musik tradisional. Dan jangan lupakan kamera Anda karena ada banyak momen seru dan kostum-kostum menarik yang harus diabadikan!

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, Asia Africa Festival juga nampaknya akan menghadirkan berbagai acara menarik lainnya. Salah satu yang layak ditunggu adalah Unity Run. Lomba maraton sejauh enam kilometer ini akan membawa pesertanya mengelilingi jalan-jalan utama Kota Bandung tempat bangunan-bangunan bersejarah berada. Para peserta dapat menikmati keindahan seni jalanan di Jalan Braga, mengelilingi alun-alun kota Bandung, dan melihat bangunan-bangunan tua di sepanjang Jalan Asia Afrika. Meski Unity Run merupakan sebuah kompetisi lari, menjadi pemenang bukanlah hal yang diutamakan. Sesuai dengan namanya, Unity Run diadakan untuk merayakan persatuan dalam perbedaan.

Membawa Semangat Persatuan Asia Afrika

Asia Africa Festival diadakan untuk mengenang semangat persatuan yang muncul dalam Konferensi Asia Afrika (KAA). Momentum bersejarah yang digelar pada 18- hingga 24 April 1955 ini menjadi ajang pertemuan negara-negara Asia Afrika yang kebanyakan baru merdeka untuk membahas dampak Perang Dingin terhadap negara-negara Asia, menentang kolonialisme negara-negara Barat, dan menyuarakan kekhawatiran atas hubungan Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Hingga saat ini, semangat persatuan dalam KAA tetap dikenang oleh negara-negara pesertanya. Meski topik-topik politik tidak lagi menjadi perhatian utama, Asia Africa Festival tetap diadakan sebagai bentuk representasi keharmonisan dua negara. Kini, Asia Africa Festival lebih berfokus pada kerja sama budaya dan ekonomi antarnegara peserta. Acara peringatan tahunan ini pun dikemas dalam bentuk perayaan meriah.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here