Tersesat di Labirin Coban Rondo

0
476

Jika menyebut Coban Rondo, yang terlintas di pikiran adalah air terjun di Malang, yang konon namanya diambil dari kisah Dewi Anjarwati yang bersembunyi di air terjun saat menunggu suaminya, Raden Baron berkelahi dengan Joko Lelono. Sayangnya, sang suami meninggal dan Anjarwati menjadi rondo (rondo berarti janda). Nah, sebelum menikmati panorama air terjun setinggi 75 meter ini, singgah dulu di Labirin Coban Rondo dan menyesatkan diri di sini.

Labirin Coban Rondo masih berada di dalam kawasan Air Terjun Coban Rondo, sehingga pejalan dapat mengunjungi dua destinasi di satu kesempatan. Jika bertolak dari Malang, butuh satu jam berkendara melewati jalanan yang mulus beraspal. Jika sudah bertemu patung sapi, itu berarti sebentar lagi Anda akan tiba di kawasan Wana Wisata Coban Rondo.

Objek wisata ini pas untuk dinikmati pengunjung segala usia, yang diharapkan dapat bersenang-senang selagi “tersesat” saat mencari pusat labirin yang berada di tengah area. Seperti labirin pada umumnya, Labirin Coban Rondo merupakan taman sesat yang memanfaatkan rimbunnya tanaman hijau berbentuk dinding setinggi dua meter.

Untuk mencapai pusat labirin yang dihiasi kolam air mancur dan jajaran kursi, pengunjung mesti menyusuri tiap lorong, mencari rute yang tepat. Tak perlu cemas ketika membutuhkan waktu sedikit lama untuk mencapai sentra labirin, ajak teman atau pasangan untuk menemani, sehingga petualangan kecil di dalam labirin terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama.

Labirin Coban Rondo tidak begitu luas, pengunjung tidak perlu khawatir akan kelelahan menemukan sentra labirin. Jika perlu bantuan, mintalah salah satu teman jalan ke menara pengawas yang berada di posisi cukup tinggi untuk memberi arah. Di menara pengawas inilah pengunjung dapat melihat keseluruhan area labirin, sekaligus dapat menjadi spot foto terbaik. Jika kembali ke sini, sangat mungkin Anda tidak akan menemukan rute yang dilalui sebelumnya untuk menemukan pusat labirin karena pihak pengelola kerap mengganti rute labirin secara rutin.

Selain menyusuri Labirin Coban Rondo, pengunjung dapat menikmati aktivitas lain dekat sini, seperti melihat-lihat kebun bunga, melakukan salah satu aktivitas outbound, atau bermain paintball. Labirin Coban Rondo buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00, dengan tiket masuk Rp10.000.

Teks: Priscilla Picauly

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here