Pantai Bak Berlian di Nusa Penida, Sudah Pernah ke Sini?

0
528

Diamond Beach atau Pantai Berlian merupakan salah satu pantai terbaru di Bali. Dibuka untuk umum mulai tahun lalu, Diamond Beach menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan perairan yang jernih. Di dekatnya terdapat batu karang raksasa yang bentuknya nyaris menyerupai berlian.

Diamond Beach terletak di daerah Pejukutan, Nusa Penida. Dulunya, pantai ini hanya bisa dinikmati dari atas tebing-tebing batu. Namun dengan dibukanya akses jalan menuju pantai, kini wisatawan dapat menikmati keindahan Diamond Beach dari jarak dekat. Akses jalan dibuka dengan mengukir anak tangga di sisi tebing dengan ketinggian 25 meter. Waktu tempuh untuh menuruni tangga hanya sekitar 10 menit, namun para wisatawan tetap harus berhati-hati karena tangga cukup curam.

Wisatawan yang akan masuk ke area Diamond Beach dikenai biaya sebesar Rp 5.000 untuk turis lokal dan Rp 10.000 untuk turis asing. Sementara biaya parkir sepeda motor adalah sebesar Rp 5.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

Spot Foto Menarik

Salah satu daya tarik dari Diamond Beach adalah spot-spot fotonya. Bahkan, sebelum menginjakkan kaki di pantai, para wisatawan sudah bisa mendapatkan foto yang cantik dari atas tebing. Pantai dan air biru berkilau yang diapit dengan batu tebing besar di sini membuat seluruh pemandangan bagai lukisan hidup.

Anak tangga yang diukir di sisi tebing juga menjadi salah satu spot foto favorit para turis. Para wisatawan dapat menjelajahi batu-batu yang mencuat di tepi pantai untuk menemukan spot foto menarik lainnya. Jangan lupa pula untuk berfoto di ayunan dengan tali yang diikat ke pohon kelapa dengan latar belakang laut biru!

Meski perairan jernih di Diamond Beach terlihat menggoda, wisatawan tidak disarankan untuk berenang di laut ini. Pasalnya, perairan tersebut memiliki arus yang cukup kuat. Selain itu, kontur dasar laut Diamond Beach pun cukup curam sehingga berbahaya untuk berenang.

Salah satu waktu terbaik untuk menikmati keindahan Diamond Beach adalah di pagi hari, terutama saat matahari terbit. Sinar matahari yang menyeruak melalui celah-celah batu menjadikan Diamond Beach semakin terlihat memesona. Selain itu, belum banyak orang yang datang di pagi hari sehingga Anda bisa puas menikmati keindahan pantai ini.

Untuk bisa sampai ke Diamond Beach, Anda dapat menempuh perjalanan selama 45 menit dari pelabuhan Banjar Nyuh. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil yang disewa di Pelabuhan banjar Nyuh. Untuk menyeberang ke Pulau Nusa Penida, Anda juga bisa memakai speedboat rute Pelabuhan Sanur-Banjar Nyuh seharga Rp 75.000 untuk sekali jalan.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here