Bebas Alergi Saat Bepergian

0
449

Ada yang mengurungkan niat untuk bepergian ke destinasi impian karena takut akan kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama ketika mengidap alergi terhadap sesuatu. Sesungguhnya Anda masih bisa mewujudkan liburan tersebut tanpa perlu khawatir alergi datang menyerang bila melakukan sejumlah tindakan preventif berikut ini, sehingga perjalanan yang dilakoni akan berlangsung nyaman dan aman.

Belajar Bahasa Setempat

Komunikasi merupakan faktor penting saat menyampaikan apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan atau konsumsi selama bepergian. Karena itu, hafalkan sejumlah kata-kata dasar sebelum keberangkatan, terutama yang terkait dengan alergi yang Anda derita. Selain menghafalkan pelafalan kata dalam bahasa lokal, sebaiknya siapkan juga dalam bentuk tulisan, terutama bila negara yang dikunjungi tidak menggunakan aksara latin.

Informasikan Alergi

Beritahu rekan perjalanan bahwa Anda memiliki alergi terhadap sesuatu, agar dapat menjadi pengingat saat di perjalanan, selain mereka dapat mempersiapkan diri bila terjadi sesuatu dengan Anda dan tahu tindakan apa yang mesti dilakukan saat hal itu terjadi. Bila bepergian dengan pesawat, terdapat layanan yang mengizinkan penumpang untuk memilih menu makanan atau menghilangkan sejumlah bahan yang dapat membahayakan kesehatannya.

Bawa Makanan Sendiri

Membawa kudapan sendiri merupakan langkah pengamanan bijak untuk menghindarkan diri dari alergi. Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk membaca dan mengecek bahan-bahan yang terkandung di camilan sebelum membelinya, bahkan tak perlu repot-repot mencari terjemahannya. Namun perhatikan juga batas kedaluwarsanya dan cari tahu apakah aman bila dibawa ke dalam kabin pesawat atau ditaruh di bagasi.

Aplikasi Alergi

Di era digital, teknologi juga memiliki peran untuk memudahkan perjalanan wisata, seperti kehadiran aplikasi AllergyEats (App Store dan Google Play Store) dan Spokin (App Store) yang membantu pejalan terkait alergi. Fitur yang tersedia membantu pejalan mencari restoran yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh, serta pilihan tur kuliner atau kelas memasak yang bisa membantu Anda untuk mengeksplorasi makanan tanpa takut terserang alergi.

Pejalan Anak

Bila bepergian bersama anak yang juga mengidap alergi, tentu kekhawatiran yang dirasakan dua kali lebih besar, tetapi jangan jadikan hal itu sebagai gangguan. Ingatkan anak mengenai apa yang perlu ia perhatikan sepanjang jalan untuk melindungi dirinya sendiri, serta beri label, gelang, atau penanda yang menginformasikan apa yang tidak boleh ia konsumsi sebagai pengingat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here