Pesona Benteng Kapas Pamukkale

0
39

Dalam bahasa Turki, kata “pamukkale” berarti benteng kapas. Dan memang Cotton Castle inilah yang merupakan daya tarik utama mengunjungi kota di Provinsi Denizli yang berada di barat daya Turki ini. Oleh UNESCO, Pamukkale pun telah dinobatkan sebagai satu dari keajaiban dunia. Berkunjung kemari, jangan lewatkan beberapa atraksi berikut ini.

  • Cotton Castle

Situs alami sekaligus bersejarah inilah yang membuat Pamukkale menjadi tempat terunik di dunia. Benteng megah berwarna putih dari batu kapur ini oleh panas bumi diubah menjadi stalaktit, lubang, dan katarak. Air di teras-terasnya bukan sembarang air, melainkan air yang mengandung garam kalsium dan karbondioksida. Mengalir dari sumber air panas di Pegunungan Cal, sumber mineral yang terkumpul di sebuah kolam bernama Sacred Pool ini telah menjadi tempat berendam favorit selama ribuan tahun. Bersiaplah untuk melepas alas kaki ketika berjalan-jalan di sini demi menjaga kelestariannya.

  • Sacred Pool

Berendam di kolam umum yang dialiri air mineral berkalsium tinggi dari Pegunungan Cal akan menjadi pengalaman mengesankan. Dengan waktu berendam maksimal dua jam, kembalikan kesegaran setelah penat di perjalanan.

  • Pemandian Air Panas

Kata spa merupakan singkatan dari frasa dalam bahasa Latin “sanus per aqua” yang berarti “sehat dengan air”. Teras atau travertine yang berisi sumber air panas bermineral tinggi di Pamukkale ini memang merupakan tujuan spa terkenal di dunia. Terbuka sepanjang tahun, nikmati manfaat berendam yang selain menenangkan, juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Musim dingin adalah waktu yang sempurna karena tidak terlalu dipenuhi oleh turis.

  • Belanja Tekstil

Pamukkale dan Denizli merupakan daerah di Turki yang terkenal akan hasil kapas, sehingga harga tekstil serta cinderamata khas Turki di tempat ini lebih murah. Buldan merupakan area untuk menemukan aneka produk tekstil dan perlengkapan rumah tangga, bahkan konon Arnold Schwartzenegger mendekorasi rumahnya dengan tirai dan perabot yang khusus dibuat di Denizli. Kota Buldan sendiri berjarak 30 menit berkendara dari Pamukkale.

Akses: Bus yang melayani rute Istanbul – Denizli tersedia setiap jam dari berbagai terminal di Istanbul bagian Eropa maupun Asia, salah satunya Pamukkale Turizm, sebuah perusahaan bus ternama di Turki. Lama perjalanan ke Denizli sekitar 10 jam. Setibanya di Denizli Otogar (stasiun bus), Pamukkale dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dengan naik dolmus atau taksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here