Tak Harus ke Eropa untuk Merasakan Musim Gugur

Saat Eropa dan Amerika sedang menikmati musim dingin, di belahan bumi selatan, yakni Australia mulai bersiap memasuki musim gugur. Bagi pejalan yang kemarin tak sempat menikmati keseruan musim gugur, datanglah ke Australia Barat yang menyenangkan di masa ini. Anda tak perlu menempuh perjalanan panjang, hanya terbang selama 4,5 jam saja dari Jakarta sudah dapat menikmati salah satu musim cantik, yang memukau dengan varian warna jingga, merah, dan emas sepanjang mata memandang.

Anda yang sedang mencari destinasi untuk menikmati daun-daun berguguran cantik, Australia Barat sempurna sebagai pilihan terbaik. Inilah sejumlah tempat yang dapat dikunjungi saat musim gugur di Australia Barat.

-Margaret River

Merupakan kawasan di Australia Barat yang populer karena wine-nya, pantainya, dan menawarkan sensasi bertualang yang khas Australia. Saat musim gugur, Margaret River didominasi cuaca yang cerah sehingga Anda dapat bersantai di ruang terbuka, menikmati alam dengan berenang di jajaran pantai populer di sini. Untuk aktivitas lain yang bisa dilakoni adalah berpartisipasi dalam Surf N Dirt Adventure Tour atau mengikuti tur Live the Lifestyle yang terbatas untuk tujuh partisipan dengan ragam kegiatan, seperti bermain kayak di Sungai Blackwood, bersepeda melintasi Hutan Boranup, piknik di lokasi pilihan, serta mengunjungi kilang anggur atau bir.

Terkenal karena anggurnya, wajib jika mengunjungi Margaret River Wine Region yang menawarkan lebih dari 150 kilang anggur, mulai dari perkebunan besar seperti Leeuwin dan Voyager yang menyediakan area makan, layanan ruang bawah tanah, dan galeri seni. Menariknya, mengunjungi kilang anggur saat musim ini Anda dapat menjadi saksi melihat perubahan warna anggur yang menunjukkan transisi sempurna.

Ingin melakoni aktivitas yang sedikit menantang? Kunjungi Jewel Cave Augusta yang menampilkan stalaktit jerami yang terpajang di dalam gua wisata. Anda dapat menelusuri gua-gua lainnya, seperti Lake Cave yang mengagumkan dengan kristal-kristal spektakulernya yang tergantung di langit-langit gua, Ngilgi Cave untuk melihat sejarah dan budaya suku Aborigin, atau menikmati Mammoth Cave yang terdiri dari trek berliku melintasi hutan marri.

-Perth Hills Orchards

Tepat adanya jika mengunjungi Perth Hills Orchards di musim ini karena pengunjung dapat menikmati aneka buah hasil kebun, seperti apel, pir, dan delima. Jika menyukai mangga, pastikan untuk mendatangi Perth Mango Farm, di mana buah-buahan yang ditanam tidak menggunakan pestisida atau insektisida. Selain mencicipi buah nan segar yang dapat dipetik langsung, pengunjung pun mendapat tambahan pengetahuan karena diberi kesempatan untuk mempelajari cara menanam apel yang baik, termasuk melihat langsung bagaimana membuat sari apel yang tepat, serta menikmati cuka sari apel. Satu lagi kegiatan yang mesti dilakoni adalah mengikuti Apple Express, yaitu tur kebun berusia 80 tahun dengan traktor autentuk di Orchard Tour & Tastings.

Cervantes

Dari Perth, dapat memacu kendaraan melalui Mitchell Freeway dan Wanneroo Road yang merupakan bagian dari jalur Indian Ocean Drive yang akan mengantarkan Anda ke Taman Nasional Yanchep yang menarik dengan sembilan jalur trekking. Dari Yanchep, perjalanan dilanjutkan ke Cervantes, masih melewati Indian Ocean Drive. Cervantes sendiri merupakan kota penghasil crayfish, pas jika memilih menyantap makan siang di Lobster Shack atau mencicipi pengalaman Shack Attack, di mana tamu dapat menaiki kapal penangkap kobster dan merasakan sehari menjadi nelayan lobster. Cervantes juga menawarkan pantai berpasir putih dan nuansa laut yang pas bagi wisatawan keluarga.

Pulau Rottnest

Warga Perth kerap memanfaatkan Pulau Rottnest sebagai solusi jika mereka menginginkan liburan ke pulau tropis, apalagi pulau ini mudah diakses menggunakan feri dari Fremantle sekitar 25 menit perjalanan. Bagi pejalan, pulau ini menarik saat musim gugur dengan menyelami bawah lautnya, mengagumi terumbu karangnya yang unik, yang menjadi rumah bagi 25 spesies karang. Anak-anak hingga orang dewasa dapat bermain air dan berenang di sini, hingga menjelajah Little Salmon Bay yang menjadi spot snorkeling terbaik di Rottnest. Bersepeda di Rotto (sebutan Rottnest oleh warga setempat) menuju mercusuar juga menjadi aktivitas menyenangkan untuk dilakoni, apalagi cuaca yang begitu bersahabat di periode ini.

Ningaloo Reef

Jika sempat, datangi Ningaloo Reef yang berjarak sekitar 1.200 kilometer dari Perth. Di sini wisatawan dapat merasakan menyelam bersama hiu paus yang besar namun ramah jika berada di sekitarnya. Dari Maret hingga Agustus, wisatawan dapat menikmati pengalaman unik ini dengan mengikuti tur yang berangkat setiap hari dari Exmouth dan Coral Bay. Tak hanya menawarkan perjumpaan dengan hiu paus, Ningaloo Reef juga menjadi rumah bagi fauna laut lainnya, seperti penyu, pari manta, dan lebih dari 500 spesies ikan.

Blackwood River

Petualangan di alam bebas juga ditawarkan di Blackwood River jika Anda mengikuti Blackwood River Tourist Drive yang menawarkan pengalaman menjelajah di antara semak yang berliku, kebun yang rimbun, kota-kota kuno, pohon jarrah tinggi, hutan pohon marri, dan pemandangan spektakuler lainnya. Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah menyewa sepeda dan naik Old Timberline Trail atau mendayung di Blackwood River. Lembah Blackwood River juga memiliki pohon-pohon gugur yang berjajar di sepanjang jalan, yang menghiasi taman dan kebun, sangat cocok untuk piknik dan berjalan-jalan di antara semak-semak.

Menginap di kota pabrik kayu tua di Donnelly River Village tempat kanguru dan emu berkumpul, juga memberikan pengalaman khas Australia kepada para pengunjung. Jelajahi Bridgetown dan Balingup untuk mendatangi beberapa toko yang menarik, pub, tempat makan malam, atau sekadar berjalan-jalan di Oak Grove Trail sebelum kembali ke Nannup atau ke selatan ke daerah penghasil kayu.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here