Tip Backpacking Berpindah Negara

0
142

Bertualang ke beberapa negara atau kota sekaligus dengan kerap bergonta-ganti moda transportasi, memang paling praktis menggunakan ransel. Berikut beberapa tip yang perlu diperhatikan bila ingin melakukan perjalanan dengan ransel.

  • Berkemas seringan mungkin

Pilih ransel berukuran ukuran 30-40 liter bertipe front load/side load (jangan yang model top load), agar akses ke ransel mudah. Perhatikan jahitannya dan material harus non-slip, tahan beban berat, tahan banting, dan antiair. Penting juga untuk memilih ransel yang memiliki ritsleting tersembunyi untuk menyimpan dokumen penting dan internal frame agar beban tersebar di seputar pinggul, bukan di bahu. Untuk wanita, pilih ransel khusus yang didesain menyesuaikan bentuk tubuh.

  • Manfaatkan wastafel

Untuk mengeksplor negara tropis, cukup bawa tiga T-shirt, satu celana panjang jins, satu celana pendek, satu gaun/rok panjang, satu cardigan/jumper/hoodie, satu sepatu, satu sandal, satu baju renang, dan satu kain pantai yang dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, mulai dari handuk, selimut, hingga alas duduk. Bawa detergen dalam kemasan kecil untuk mencuci baju kotor di wastafel bila tinggal minimal dua malam di satu tempat.

  • Perlengkapan

Jangan lupa tabir surya, losion antinyamuk, tisu basah, gel pembersih tangan, bantal leher, topi, kacamata hitam, dan kantong plastik untuk baju kotor atau basah. Tak perlu juga membawa sampo dan sabun dalam botol besar karena dapat menggunakan dari yang disediakan hotel atau hostel.

  • Alat dokumentasi

Lengkapi kamera dengan setidaknya dua memory card berukuran besar agar tak perlu sering-sering mengunduh gambar di perjalanan.

  • Atur posisi

Beban berat harus sedekat mungkin dengan punggung, sehingga letakkan barang terberat di dekat punggung. Seimbangkan juga berat sisi kanan dan kiri.

  • Sisakan ruang

Isi ransel maksimal tiga perempat bagian saja dan biarkan sisanya kosong untuk menampung barang-barang yang akan dibeli selama perjalanan.

  • Tas tambahan

Selain ransel besar untuk menampung bawaan, bawa juga ransel kecil (daypack) untuk meletakkan barang-barang yang sering dikeluarkan, seperti kamera, dompet, paspor, dan alat tulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here