Nadine Chandrawinata Ungkap Kiat Berlibur Menggunakan Campervan di Selandia Baru

Pasangan selebriti Indonesia Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara melewatkan bulan madunya pada September 2018 lalu di Selandia Baru. Mereka mengunjungi Pulau Selatan untuk menikmati pemandangan yang spektakuler dan melakukan berbagai kegiatan romantis dan penuh petualangan, termasuk melakukan roadtrip dengan campervan.

Perjalanan menggunakan campervan (atau yang biasa disebut dengan campervanning) memberi keleluasaan bagi para pejalan untuk memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana mereka ingin menikmati liburan mereka tanpa mengurangi kenyamanan. Bila tertarik untuk menjelajahi Selandia Baru dengan menggunakan campervan seperti Nadine dan Dimas, berikut adalah beberapa tip yang dapat membantu Anda.

  • Pastikan memiliki Izin Mengemudi Internasional

Di Selandia Baru, Anda harus memiliki Izin Mengemudi Internasional atau International Driving Permit (IDP) yang masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal. Jika SIM Anda tidak dalam bahasa Inggris, Anda perlu membawa terjemahan bahasa Inggrisnya atau mengurus IDP. Selain itu, pastikan Anda mempelajari peraturan lalu lintas Selandia Baru dengan mengambil tes ini sebelum berangkat untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan selama berlibur.

  • Cari tahu tipe campervan yang Anda butuhkan

Pilih campervan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda untuk dapat bepergian dengan nyaman. Secara umum, ada tiga jenis campervan yang tersedia di Selandia Baru, yakni camper car, campervan, dan motorhomeCamper car adalah jenis terkecil dari campervan yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk, sementara campervan – pilihan paling populer untuk wisatawan – memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi. Bila prioritas Anda adalah tingkat kenyamanan yang tinggi, coba sewa motorhome, seperti yang dipakai Nadine dan Dimas ketika perjalanan bulan madu mereka. Lebih besar dan lebih luas, motorhome tidak hanya memiliki fasilitas utama yang lengkap, namun juga tangki air dan sistem daur ulang air (grey water). Beberapa pilihan campervan yang terpercaya termasuk Maui, Hertz, dan Britz, meskipun Anda juga dapat menemukan pilihan lainnya di sini.

  • Cari tahu tempat berkemah di Selandia Baru

Selandia Baru memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah bebas secara bertanggung jawab (responsible camping) dengan berbagai pemandangan yang indah. Namun, lebih baik jika mengunjungi pusat informasi setempat atau situs Freedom Camping sebelumnya, karena masing-masing lokasi memiliki peraturan berkemah yang berbeda.

  • Rencanakan rute Anda

Hindari perubahan pada menit-menit terakhir di tengah perjalanan dengan melakukan riset menyeluruh mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, serta waktu terbaik untuk melakukan perjalanan tersebut. Selain itu, coba cari perhentian atau tempat istirahat yang dapat memberikan Anda pemandangan terbaik dan banyak kesempatan untuk berfoto.

  • Rawat campervan Anda

Jaga campervan Anda agar tetap bersih dan nyaman dengan mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus. Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi Anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat umum lainnya, seperti tempat parkir mobil. Membuang sampah dapat menghindari bau tidak sedap di campervan dan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar Anda.

Perhatikan juga indikator tangki bensin Anda. Supaya aman, segera penuhi tangki bensin ketika sudah tinggal setengah. Jangan menunggu sampai hampir kosong karena pom bensin yang banyak ditemukan di kota-kota besar jarang tersedia di kota-kota kecil atau di sepanjang perjalanan antar kota.

  • Rencanakan konsumsi Anda

Selain merencanakan rute, penting juga untuk merencanakan konsumsi Anda, baik itu barbecuing di tepi pantai, piknik di taman, atau makan di restoran. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan bahan-bahan yang harus disiapkan atau dibeli, sehingga waktu makan menjadi lebih menyenangkan di Selandia Baru. Selain itu, jangan lupa untuk membeli berbagai kudapan ringan apabila mendadak lapar di perjalanan.

  • Tetap waspada

Penduduk Selandia Baru yang ramah akan membuat Anda merasa diterima dan aman, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada terhadap situasi apa pun. Nomor darurat untuk kebakaran, ambulans, dan polisi adalah 111. Jangan pula takut untuk meminta pertolongan dari penduduk setempat karena mereka terkenal akan kehangatan dan kesediaan mereka untuk membantu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here