Panduan Belanja di Taiwan

0
3411

Terkenal dengan pasar malamnya yang meriah, Taiwan juga memiliki berbagai destinasi belanja yang tak bakal habis dijelajahi dalam satu kali kunjungan. Lain kali kemari, pastikan untuk menyertakan beberapa tempat berikut – atau bahkan semuanya – dalam rencana perjalanan.

Belanja Fashion

Xinyi Shopping District

Berada di antara Xinyi Road dan Zhongxiao East Road, distrik belanja yang mengelilingi Taipei 101 ini memiliki toko buku terbesar di Taiwan, Hankyu Department Store untuk berbelanja busana merek-merek Jepang, BELLAVITA Department Store yang digemari para sosialita, Shin Kong Mitsukoshi Department Store yang tiap akhir pekan dimeriahkan berbagai pertunjukan di alunalun terbukanya, serta kompleks belanja dan hiburan ATT 4 FUN yang menyasar kaum muda dengan bioskop dan food centre yang memiliki lebih dari 10 restoran. Berbagai butik fashion ternama pun ada di kawasan ini, mulai dari Louis Vuitton, Chanel, Hermès, Gucci, hingga Dior yang membuka gerai terbesarnya di Taipei 101. (Akses: Taipei MRT Bannan Line dan turun di Taipei City Hall Station)

Eastern District of Taipei

Kawasan belanja utama di distrik ini berpusat di sekitar Far Eastern Sogo Fuxing Store, Far Eastern Sogo Zhongxiao Store, Pacific Sogo, Breeze Center, Wellcome Supermarket, dan Mingyao Department Store. Gerai ternama seperti Zara dan Uniqlo pun dapat ditemukan di sini, selain tersedia toko-toko busana dari Jepang dan Korea, toko sepatu trendi, dan butik lainnya milik rancangan desainer setempat. (Akses: Taipei MRT Bannan Line dan turun di Zhongxiao Dunhua Station atau Zhongxiao Fuxing Station)

Pengembalian Pajak

Wisatawan yang berbelanja lebih dari 2.000 dolar Taiwan dalam satu hari di toko-toko bertanda Tax Refund Shopping (TRS) – daftar tokonya terdapat di taxrefund.net.tw/ttr – dapat menerima pengembalian pajak sebesar lima persen di loket pelayanan pengembalian pajak di Terminal Keberangkatan bandara atau pelabuhan.

Zhongshan District

Berada di sekitar Regent Taipei Hotel, kawasan belanja ini merupakan salah satu distrik komersial pertama yang dikembangkan di Taipei. Regent Galeria yang berada di dalam kompleks Regent Taipei Hotel merupakan salah satu yang pertama di Taipei yang menawarkan merek busana internasional ternama, seperti Bulgari, Chanel, Dior, Hermès, dan Bottega Veneta. Belakangan, Louis Vuitton, Prada, dan Lanvin juga membuka gerainya di sini. Tempat lain yang patut dikunjungi adalah Shin Kong Mitsukoshi Department Store di Nanjing East Road, serta sejumlah restoran gourmet dan toko hadiah kreatif yang berderet di sepanjang jalan di kawasan ini. (Akses: Taipei MRT Tamsui–Xinyi Line atau Songshan–Xindian Line dan turun di Zhongshan Station)

Ximending Fashion District

Bila distrik Xinyi terkenal dengan sejumlah outlet busana perancang papan atas, Ximending merupakan pusat busana anak muda di Taipei. Didominasi toko-toko mungil, beragam pakaian, aksesori, hingga mainan yang diproduksi pun memang hanya terbatas, sehingga lebih eksklusif. Belakangan, sejumlah selebriti setempat pun ikut membuka butik mereka di sini yang menawarkan berbagai produk street fashion asal Eropa, Amerika, Jepang, dan Korea. Di sela-sela berbelanja, pengunjung dapat bersantap di salah satu restoran, atau berjalan kaki menuju area utama yang menggelar berbagai pameran dan pertunjukan. Di sini pulalah dapat dijumpai sejumlah pengunjung yang mengenakan kostum, sehingga tak heran bila Ximending berjuluk Harajuku-nya Taipei. (Akses: Taipei MRT Bannan Line dan turun di Ximen Station)

Dream Mall

Pernah terpilih sebagai salah satu dari 10 mal terbaik di Asia oleh Forbes, mal ini memuat 800 gerai, termasuk Hankyu Department Store, Hokkaido Department Store, Open Plaza, dan Open Kitchen, selain butik busana ternama, seperti Max Mara dan Ralph Lauren. Untuk melengkapi pengalaman belanja, terdapat atraksi budaya, seperti “Old is New” dari Palace Museum dan Pili Puppetry. Mal ini juga dilengkapi berbagai restoran, toko buku, pusat kebugaran, dan taman hiburan. (Akses: Kaohsiung MRT Red Line ke Triumph Station, lalu jalan kaki 15 menit atau naik Taiwan Tourist Shuttle Bus (gratis, frekuensi tiap 10 menit))

E-Da World

Tak hanya memiliki taman bermain, hotel, dan bahkan sekolah, E-Da World juga merupakan outlet store terbesar di Asia dengan memuat lebih dari 300 gerai ternama, seperti Gucci, YSL, A/X, DKNY, Tommy Hilfiger, dan Polo Ralph Lauren. Langit buatan seperti yang ada di The Venetian Macao juga ada di sini, dengan tambahan efek musik dan cahaya yang memukau sehingga pengunjung dapat menikmati panorama yang terus berganti seiring waktu. (Akses: Naik Taiwan High Speed Rail ke Zuoying Station, lalu dilanjutkan naik E-Da Bus selama 25 menit – atau naik Kaohsiung MRT Red Line ke Xin Zuoying Station, lalu naik bus E-Da Bus)

Belanja Gawai

Guang Hua Digital Plaza

Penggemar Computer, Communication, Consumer Electronics – 3C, singkatan ini sering digunakan di Taiwan – bakal enggan meninggalkan Guang Hua Digital Plaza. Selain berbagai hardware dan software komputer, pengunjung juga dapat melihat-lihat aneka tipe ponsel, video games, dan kamera digital. Bila ingin membeli laptop, termasuk merek lokal seperti Acer dan MSI, pastikan cek sistem operasinya sekaligus tanyakan cara klaim garansi. Kalau tertarik membuat komputer rakitan pun dapat mengecek harga komponennya di berbagai toko di sini, yang seringkali memang lebih murah dan jenisnya tak tersedia di negara lain karena banyak perusahaan di Taiwan yang memproduksinya sendiri. (Akses: Taipei MRT Bannan Line ke Zhongxiao Xinsheng Station, ambil Exit 1 lalu berjalan kaki selama 10-15 menit – atau naik bus rute 214, 254, 280, 642, 643, 668, 676, atau 72 ke perhentian bus Guang Hua Digital Plaza)

Taichung Electronics Street

Terletak di dua kawasan pejalan kaki di persimpangan Zhongshan Road Lane 49 dan Luchuan Street Lane 93, mayoritas toko di sini menjual produk elektronik dan perlengkapannya. Pengunjung juga dapat membeli komputer, komponen elektronik, peralatan stereo, majalah anime, dan aneka mainan di sini. Pastikan untuk membawa uang tunai secukupnya, karena beberapa toko menawarkan harga yang lebih rendah bagi yang bersedia membayar secara tunai ketimbang menggunakan kartu kredit. (Akses: berjalan kaki lima menit dari Taiwan Railway Taichung Station)

Belanja Suvenir

Tianmu Marketplace

Tadinya tempat ini memuat butik-butik mewah dan department store kelas atas, namun kemudian dipindahkan ke distrik komersial baru, seperti Xinyi di pusat kota Taipei. Sebagai gantinya, Tianmu Marketplace Development Association (TMDA) kemudian membuka bazar kerajinan kreatif dan pasar loak untuk menarik pengunjung, yang belakangan semakin ramai dengan kehadiran penampil jalanan. Buka tiap akhir pekan, di sinilah tempat untuk menemukan pakaian, sepatu, dan tas dari merek terkenal hingga CD, buku, barang antik, dan keperluan bayi, yang kebanyakan barangnya masih baru. Sementara bazarnya sendiri menjual aneka aksesori dan pernak-pernik unik lainnya yang cocok dibawa pulang sebagai suvenir. (Akses: Taipei MRT Danshui Line ke Shipai Station, lalu naik bus Red 12 atau Red 19 dan turun di perhentian bus Tianmu Square atau Sanyu Temple Station)

Donghai Art Street

Merupakan tempat populer untuk menikmati panorama kota di malam hari, jalanan di sepanjang lereng curam dekat Tunghai University ini disesaki deretan kedai kopi dan toko yang menjual pakaian etnik, kacamata buatan tangan, pernak-pernik dan perabotan rumah, serta kerajinan karya sang pemilik toko maupun yang diimpor dari luar negeri. Pemilik toko di sini gemar berbagi cerita di balik barang-barang yang mereka jual. Berhubung deretan bangunan berdekorasi unik di Donghai Art Street ini ada yang merupakan kediaman pribadi, berhati-hatilah agar tidak salah masuk rumah orang. (Akses: naik Taiwan Railway ke Taichung Station, lalu naik bus Taichung rute 146 ke perhentian bus Lane 1 Guoji Street) 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here