Shopping di Tokyo Mahal?

Anggapan Tokyo mahal sehingga sulit menyisihkan uang untuk berbelanja tidak sepenuhnya benar. Malah bila dibandingkan dengan perjalanan ke Eropa, jauh lebih susah untuk berbelanja di berbagai kota di Eropa Barat ketimbang di Tokyo. Bila tahu tempat-tempatnya, maka berbelanja barang-barang unik di sini tidak perlu sampai menghabiskan dana berlibur. Berikut tempat belanja murah favorit kami di Tokyo.

  • Sumida Machidokoro

Berada di lantai lima pusat perbelanjaan Solamachi yang terintegrasi dengan Tokyo Skytree, bila mencari barang kerajinan khas Jepang yang berkualitas dengan harga terjangkau, di sini tempatnya. Berbagai replika lukisan klasik Jepang (mulai 1.000 yen), kipas handmade, kain pembungkus makanan dalam berbagai desain khas Jepang (orang Jepang biasa membawa bekal ke tempat kerja atau ketika piknik dengan selembar kain berbentuk segiempat yang lebar, sehingga ramah lingkungan karena tidak menggunakan kantung plastik). Di sini juga tersedia workshop membuat lampion maupun kipas tradisional Jepang yang hasilnya dapat dibawa pulang sebagai suvenir seharga mulai 1.000 yen. (Akses: Stasiun Oshiage di jalur Hanzomon dan Asakusa)

  • Backstreet Asakusa

Sepanjang jalan utama menuju Kuil Sensoji memang dipenuhi toko suvenir. Namun toko-toko ini tersebar hingga ke pelosok gang-gangnya yang menjauh dari jalan utama. Bila jeli, di gang-gang inilah banyak ditemukan berbagai barang fashion dengan harga terjangkau, seperti atasan model kimono yang dapat dijadikan outer, sepatu, hingga produk-produk perawatan tubuh. (Akses: Naik jalur Ginza dan turun di Stasiun Asakusa)

  • Don Quijote

Toko ini mengingatkan akan pusat perbelanjaan Mustafa Centre di Singapura yang buka 24 jam dengan penataan barang yang acak-acakan – tidak rapi dan teratur khas Jepang. Hal ini disengaja untuk memberikan pengalaman mencari harta karun di antara tumpukan barang yang tersebar di lorong-lorong sempit. Mulai dari perawatan tubuh, sepatu, koper, pakaian, aksesori fashion, hingga makanan dan minuman tersedia di sini. Karena berada di sini tidak dapat sebentar, maka Don Quixote buka setiap hari hingga pukul 03:00. Gerainya tersebar di berbagai pelosok Jepang, namun salah satu yang terlengkap dan terbesar ada di dekat Stasiun Shibuya.

  • Daiso

Ingin membelikan oleh-oleh, mulai dari snack, aksesori fashion atau stationery, hingga produk-produk perawatan tubuh untuk sederet teman dan kerabat di tanah air tanpa memberatkan ongkos, toko satu harga 100 yen ini solusinya. Gerainya juga tersebar di seantero Jepang, namun salah satu yang terlengkap dan terbesar terdapat di Takeshita-dori, Shinjuku. (Akses: Stasiun JR Harajuku keluar arah Takeshita Exit)

Toko satu harga 300 yen (terdiri tiga koin 100 yen) plus pajak tujuh persen ini berkonsep sama dengan Daiso dengan kualitas barang yang lebih baik. Berbagai aksesori fashion, seperti kacamata, ikat pinggang, topi, dan perlengkapan rumah unik, seperti vas bunga, keset, bantal, aneka gelas, dan piring dapat ditemukan di sini. Terdapat banyak gerainya di seantero Tokyo, termasuk di Shinjuku, Shibuya, dan Odaiba.

  • Takeshita-dori

Jalan tempat ABG nongkrong dengan kostum cosplay ini merupakan shopping street untuk belanja fashion yang menyenangkan. Karena target pasarnya remaja atau orang yang berjiwa muda, berbagai produk fashion di sini harganya terjangkau, seperti aneka rok atau jins mulai 1.000-an yen pun ada. (Akses: Stasiun JR Harajuku keluar arah Takeshita Exit)

  • Ameyoko

Sama seperti Takeshita Dori, shopping street yang mengingatkan akan Pasar Baru di Jakarta ini pasarnya lebih beragam – tak hanya menyasar ABG, namun juga target pasar yang lebih luas karena selain fashion, di sini juga dijual ikan segar, ikan kering, snack, buah-buahan, hingga aneka peralatan rumah tangga. Masyarakat lokal pun berbelanja di sini sehingga harganya bersahabat. (Akses: Stasiun Ueno di jalur Yamanote)

Tak hanya menjual kartu pos dan buku coffeetable, di sini dijual pula berbagai barang unik bertema Tokyo dan Jepang, seperti barang pecah belah (piring, mangkuk, tea set), serta fashion dan aksesori rancangan desainer lokal Akira Minagawa dengan merek Mina Perhonen dan Kunihiko Morinaga dengan merek Anrealage. (Akses: Stasiun Nogizaka di jalur Chiyoda keluar di Exit 6, buka setiap hari pukul 10:00 – 18:00 (Jumat hingga 20:00), Selasa tutup)

Kiddy Land

Bila berkunjung ke surga mainan ini disarankan untuk tidak membawa anak-anak agar tidak habis banyak. Berbagai merchandise Hello Kitty, Doraemon, Godzilla, serta beragam jenis boneka dan action figure dapat ditemukan di sini. Toko utamanya terdapat di Harajuku. (Akses: Stasiun Harajuku jalur Yamanote dan keluar ke arah Omotesando atau Stasiun Meiji Jingumae di jalur Chiyoda keluar Exit 4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here