8 Aktivitas Seru di Queenstown

Berada di tepi Danau Wakatipu yang luas dan dikepung deretan pegunungan berselimutkan salju, Queenstown menawarkan lokasi yang ideal untuk melakukan berbagai aktivitas menantang sehingga ia dijuluki Ibu Kota Petualangan. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan selama di sana.

  • Skydiving

Queenstown adalah tempat terbaik untuk mencicipi skydiving karena kota ini dikelilingi pemandangan indah. Banyak operator skydiving di sini, salah satunya Nzone yang telah berpengalaman selama lebih dari 25 tahun serta meraih Supreme Tourism Award. Menawarkan pilihan terjun bebas secara tandem selama 60 detik dengan penerjun profesional dari ketinggian 9.000 kaki (seharga 299 dolar NZ), 12.000 kaki (seharga 339 dolar NZ), dan 15.000 kaki (seharga 439 dolar NZ), tidak ada batasan umur. Walau begitu, yang dapat skydiving hanya yang beratnya di bawah 100 kilogram. Setiap grup didampingi fotografer profesional yang siap merekam aksi dalam bentuk foto dan video, di mana di akhir penerbangan, dapat dibeli seharga 259 dolar NZ yang terdiri 20 foto dan video 4GB.

  • Skyline Queenstown

Hanya lima menit berjalan kaki dari pusat kota, Skyline Queenstown menawarkan gondola yang menuju Bob’s Peak pada 450 meter di atas permukaan laut untuk dapat menikmati hamparan Coronet Peak, Walter Peak, Cecil Peak, The Remarkables, dan Danau Wakatipu dari ketinggian. Bila tidak datang sendirian, belilah tiket kombo untuk sekaligus mencicipi Skyline Luge, kereta luncur untuk dua orang yang dinaiki dengan posisi telentang, atau menonton Kiwi Haka, pertunjukan budaya Maori yang mengisahkan legenda Wakatipu. Di malam hari, pengunjung dapat meneropong bintang dan planet melalui teleskop yang tersedia.

  • Danau Wakatipu

Menurut legenda setempat, Danau Wakatipu terbentuk setelah monster raksasa bernama Matau mati dibakar, namun konon jantungnya di dasar danau masih berdetak, sehingga permukaan air danau naik dan turun sekitar 10 sentimeter tiap 20 menit. Padahal, danau tersebut pasang surut karena bentuknya yang unik, yakni menyerupai huruf Z. Saking luasnya, danau ini terbentang hingga ke Glenorchy. Walau begitu, ada sisi danau yang berada di pusat kota Queenstown dan dikelilingi beragam toko, restoran yang memiliki meja-meja menghadap danau, dan kantor pemesanan berbagai aktivitas wisata petualangan. Di sini menyenangkan untuk duduk-duduk sambil menyantap aneka burger dari Fergburger, gerai burger yang selalu ramai diantre pengunjung, sehingga lebih nikmat menyantap burger di tepi danau. Di sekitar danau juga terdapat gerai Patagonia yang menjual aneka es krim, cokelat, dan kue-kue manis.

  • Bermain Ski

Merupakan surga bagi pecinta ski, Queenstown memiliki beberapa kawasan untuk meluncur di atas salju, dengan yang termudah untuk diakses dari pusat kota naik bus adalah Coronet Peak dan The Remarkables. Bagi yang belum pernah mencoba ski, inilah kesempatan emas untuk belajar. Untuk pemula disarankan melakukan ski di Coronet Peak, karena lerengnya tidak terlalu curam. Selain menyediakan peralatan dan instruktur bagi yang ingin belajar ski, di kedua tempat tersebut juga menawarkan berbagai trek untuk ski, snowboarding, dan snow tubing. Musim ski berlangsung Juni hingga September, dengan Agustus sebagai waktu terbaiknya.

  • Bar Es

Bar dari balok es pertama di dunia dibangun pada 1994 di Jukkasjärvi, Swedia. Sejak itu, negara-negara dingin pun banyak yang membuka ice bar untuk menarik turis, termasuk Queenstown yang memiliki dua ice bar, yaitu Below Zero dan Minus Five yang terletak berdekatan, yaitu tak jauh dari Danau Wakatipu di pusat kota serta buka pukul 14:00 hingga 00:00. Kedua bar terbuat dari es – dinding, meja, hiasan ruangan, bar, hingga gelas untuk menghidangkan minuman, hanya saja Minus Five berukuran lebih kecil daripada Below Zero. Kedua ice bar ini memberlakukan sistem sesi, yaitu pengunjung baru dapat masuk setiap jam dengan jam yang dapat dipilih ketika reservasi. Per sesinya, Below Zero dapat menampung maksimal 50 orang dan Minus Five hanya 30 orang. Setiap tamu dapat berada di ice bar selama maksimal satu jam, namun biasanya sebelum satu jam pun telah beranjak keluar karena suhu yang dingin, walau telah dipinjamkan jaket dan sarung tangan dari pengelola. Tiket dapat dibeli di tempat maupun melalui bookme.co.nz dengan harga lebih murah. Jenis tiketnya pun bermacam-macam, ada yang hanya tiket masuk saja, namun juga ada yang uang masuk beserta satu jenis cocktail, mocktail, atau shot. Bila belum pernah ke ice bar, inilah kesempatan untuk mencoba pengalaman unik ini!

  • Bungy Jumping

Bungy jumping (di Selandia Baru disebut bungy, bukan bungee) diperkenalkan pada 1988 oleh AJ Hackett Bungy di Kawarau Bridge, Queenstown, dengan platform setinggi 43 meter, sehingga mencicipi aktivitas ini di tempat kelahirannya tentu sangatlah istimewa. Kawarau Bridge merupakan satu-satunya tempat di Queenstown yang memperbolehkan lompatan tandem, sehingga cocok bagi yang baru pertama kali bungy jumping. Alternatif lainnya adalah di Nevis Highwire Platform pada ketinggian 134 meter, sehingga menjadikannya platform tertinggi di belahan bumi selatan. Selain bungy jumping, aktivitas yang dapat dilakukan di sini adalah Nevis Swing (mirip bungy jumping, namun pelaku terjun dengan berpegangan tali).

  • Shotover Jet

Shotover River awalnya lokasi tambang emas selama Otago Gold Rush, sebelum pada 1965 Shotover Jet menawarkan jet boat-nya untuk dimanfaatkan. Merupakan satu-satunya operator yang diizinkan beroperasi di Shotover River, peserta diajak menikmati serunya naik jet boat yang melaju dengan kecepatan hingga 85 kilometer per jam pada liukan sempit sungai yang diapit tebing. Menyediakan antar jemput gratis dari Station Information Centre di 25 Shotover Street, harga menikmati jet boat ini adalah 145 dolar NZ per orang untuk dewasa, 75 dolar NZ untuk usia lima hingga 15 tahun, serta 365 dolar NZ per keluarga (dua dewasa dan dua anak, atau satu dewasa dan tiga anak).

  • Naik Hiu

Alternatif menikmati jet boat adalah di Danau Wakatipu. Selain kapal jet biasa, terdapat juga Seabreacher X berbentuk hiu yang dapat meluncur hingga 80 kilometer per jam, serta melompat keluar dari air setinggi lima meter sebelum terjun kembali ke danau dan menyelam di bawah air. Karena kendaraan ini tertutup dengan ruangan yang terbatas untuk dua orang (satu untuk staf yang mengemudikan kapal dan satu untuk penumpang), berat dan tinggi penumpang pun dibatasi, yakni maksimal 100 kilogram dan 191 sentimeter.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here