Kuasai Keahlian Berikut Sebelum Bepergian

Bermimpi untuk menjelajah dunia? Kuasai dulu beberapa keahlian berikut agar dapat bertahan di jalan dan perjalanan tetap menyenangkan!

1. MENCUCI BAJU DI WASTAFEL

Kadang ada keadaan darurat di mana layanan laundry tidak tersedia, sementara opsi mencuci baju sendiri menggunakan sabun hotel atau deterjen sachet kadang lebih cepat dan tentunya, lebih murah!

2. MENJAHIT

Tak perlu mahir, yang penting tahu cara menggunakan jarum dan benang untuk memasang kembali kancing atau menisik travel bag yang robek.

3. MENYIMPAN UANG DARURAT

Agar tidak tergoda untuk membelanjakannya atau tidak hilang dicopet, Anda dapat menyimpannya secara tersebar: sebagian di money belt yang dibawa ke mana-mana, di dasar koper, safety box di kamar hotel, atau bahkan di bawah ranjang atau karpet di kamar. Asal jangan lupa mengambilnya lagi sebelum check-out!

5. TAWAR MENAWAR

Tawar setengah harga dan tunjukkan raut wajah yang tak terlalu tertarik. Kalau perlu, pura-pura keluar toko dulu. Biasanya trik ini berhasil!

6. MENGUCAPKAN “TERIMA KASIH” DALAM BERBAGAI BAHASA

Ke mana pun Anda pergi, usahakan untuk mengetahui cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa setempat. Masyarakat lokal akan menghargai orang asing yang mengucapkan bahasa mereka – dan hal ini dapat menjadi modal traveling yang menyenangkan.

7. MENYETIR MANUAL

Dapat menyetir manual membuka banyak kesempatan tak terduga karena Anda dapat menyetir berbagai jenis mobil, truk, dan van.

8. BERKEMAS RINGAN

Bawa yang perlu-perlu saja. Lagipula bukankah inti traveling adalah keluar dari kenyamanan rumah?

9. BERENANG

Anda tak pernah tahu kapan harus berenang dalam keadaan darurat. Lagipula, bila melihat danau bening, pantai indah yang sepi, kolam dengan air terjun, masa iya tidak tertarik untuk menceburkan diri?

10. GEOGRAFI DASAR

Sedikit pengetahuan tentang peta dunia dapat memberikan pengalaman traveling yang berbeda dan pastinya lebih seru, misalnya untuk membantu membuat percakapan dengan orang asing atau teman seperjalanan.

11. MENGGUNAKAN KOMPAS

Tidak sesulit yang dibayangkan begitu pernah memegang alat yang satu ini. Lagipula, kompas bisa menjadi penyelamat di situasi tak terduga.

12. MENGGANTI BAN

Ketika menyewa mobil, ban kempes dapat terjadi kapan saja. Ketimbang menelpon menunggu bantuan dan harus mengeluarkan sejumlah uang, akan lebih cepat mengganti ban sendiri!

13. TIDUR DI MANA PUN

Perjalanan panjang menggunakan mobil, pesawat, kereta mengharuskan tidur di jalan agar begitu sampai tujuan dapat segera menjelajah. Siapkan masker penutup mata, selimut atau jaket untuk menghangatkan badan, serta bantal untuk menyangga kepala.

14. DASAR-DASAR PERTOLONGAN PERTAMA

Mengetahui cara membersihkan dan memperban luka atau teknik memberikan nafas buatan (CPR) bisa dapat berguna di saat-saat darurat. Kursus ini dapat diperoleh di berbagai klinik atau dive center setempat (yang menawarkan kursus sertifikasi Rescue Diver).

15. MENGGUNAKAN KAMERA

Tak perlu menggunakan kamera mahal, dengan kamera jenis apa pun – sekalipun kamera di ponsel – asalkan mengerti dasar-dasar fotografi, maka foto yang dihasilkan pun tak akan mengecewakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here