Agar Songkran Lebih Menyenangkan

0
759

Bersenang-senang adalah bagian penting dalam budaya masyarakat Thailand dan pantaslah bila April sebagai bulan terpanas dalam setahun dimanfaatkan untuk bermain air dalam perayaan Songkran atau tahun baru masyarakat Thai. Siram-menyiram air ini bukannya tanpa makna, namun merupakan simbol untuk mengenyahkan berbagai hal buruk di tahun sebelumnya agar di tahun yang baru dapat mulai dalam keadaan “bersih” lagi.

Secara tradisional, masyarakat Thai akan menyiramkan secara perlahan semangkuk air kepada anggota keluarga dan teman dekat maupun tetangga. Kini mangkuk air itu telah digantikan dengan ember, selang, dan bahkan pistol air, sehingga turis pun dapat ikut merayakan hari penting dalam budaya Thailand tersebut.

Tahun ini Songkran jatuh pada 13-15 April 2015, dengan perayaan yang dipusatkan di sekitar Banglamphu (terutama di Thanon Khao San Road dan Khao San Road), Rattanakosin Royal Square, Phra Athit Road, Santi Chaiprakarn Park, dan Wisut Kasat Road). Simak tip berikut bila berencana meramaikan Songkran di Thailand!

  • Pilih senjata

Ketimbang ember atau selang, pistol air adalah metode menyiram yang paling efektif. Pastikan pilih yang jangkauan tembakannya jauh dengan tempat penampungan air yang besar agar tidak perlu sering-sering mengisi ulang air.

  • Lindungi barang-barang

Masukkan kamera saku ke dalam underwater housing atau wadah plastik yang sederhana, begitu pun dengan ponsel dan peralatan elektronik lainnya. Lebih aman lagi bila membawa dry bag sepanjang hari.

  • Kenakan pakaian nyaman

Walau tak ada dress code, namun kenakan T-shirt dan celana pendek plus sandal jepit. Bagi para wanita, kenakan baju renang di balik baju supaya tidak tembus pandang ketika basah kuyup. Tak perlu mengenakan perhiasan agar tidak hilang ketika sedang asyik bermain air.

  • Belajar ucapkan “Selamat Tahun Baru” dalam bahasa Thai

Setelah menyiramkan air ke tubuh seseorang, jangan lupa ucapkan “Sawasdee Pee Mai”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here