Berada di Thailand, Cicipi Hidangan Berikut!

0
458

Thailand merupakan salah satu kota di Asia Tenggara yang jajanan jalanannya tersedia 24 jam, mulai dari hidangan yang telah menjadi kebanggaan nasional hingga yang sebelum menyantapnya harus menutup mata dan menahan nafas terlebih dahulu. Berada di salah satu kota di dunia yang dikenal sebagai surga makanan, sudahkah Anda mencicipi berbagai hidangan berikut?

Tom Yam

Sup asam dan pedas ini dapat disajikan bersama santan (tom yam nam khon) sehingga lebih creamy atau tanpa santan (tom yam kung nam sai) untuk versi yang lebih sehat dan rasa yang lebih asam. Tom yam juga bisa disajikan bersama ikan (tom yam pla), ayam (tom yam kai), aneka seafood (tom yam thale), dan kaki babi (tom yam kha mu).

Tom Kha Kai

Sup berisi irisan daging ayam ini bisa menjadi pilihan. Rasanya sedikit asam yang berasal dari serai dan daun jeruk purut, sementara lengkuas dan daun ketumbar pada sup ini menyumbangkan kesegaran. Tom kha kai memiliki santan yang membuat teksturnya lebih creamy dan mereduksi pedas dari cabai.

Pad Thai

Berupa kwetiau yang digoreng bersama telur, taoge, kucai, irisan kecil tahu kuning, bawang putih, ebi, nam pla (kecap ikan), dan disajikan bersama daging sapi atau seafood, Pad Thai paling enak dinikmati dengan perasan jeruk nipis dan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

Kao Phad

Hidangan nasi dengan ayam, sapi, udang, kepiting, dan babi ini digoreng bersama telur, bawang, saus ikan, dan kadang tomat. Kao phad alias nasi goreng Thailand ini pun hadir dalam variasi berupa khao phat maphrao (nasi goreng kelapa), khao phat sapparot (nasi goreng nanas), dan khao phat kraphao (nasi goreng dengan daun kemangi Thailand).

Khao Kha Mu

Berupa daging kaki babi yang direbus dalam kecap selama berjam-jam dengan aroma yang telah berpadu dengan wangi adas dan kayu manis ini dihidangkan bersama nasi yang masih mengepul, celupan berupa saus pedas manis, cabe, dan beberapa siung bawang putih. Bisa juga disajikan bersama telur rebus dan mangkuk mungil berisi kaldu.

Som Tam

Som Tam adalah salad pepaya pedas yang berasal dari timur laut Thailand dan telah diakui sebagai makanan nasional. Paling cocok dinikmati bersama ayam panggang dan nasi ketan, salad ini terdiri irisan pepaya muda, bawang putih, cabai, kacang hijau, jeruk nipis, pasta gula tebu, buncis, dan udang kering yang semuanya diulek. Variasi som tam adalah dengan kepiting (som tam boo) dan saus ikan (som tam plah lah). Som tam mudah ditemukan karena biasanya dijual di gerobak, warung pinggir jalan, hingga ke berbagai restoran.

Kaeng Khiao Wan

Kari hijau adalah kari Thailand terpedas yang terdiri dari pasta kari hijau, santan, rebung, (lengkuas, serai, daun jeruk), daging ayam atau bakso ikan, dan disajikan bersama sepiring nasi putih.

Kai Med Ma Muang

Berupa potongan daging ayam yang ditumis dengan bawang, cabai kering, kacang mete, kecap ikan, dan saus tiram untuk menghasilkan kontras antara daging yang lembut, kacang mete yang renyah, dan madu yang manis.

Massaman Curry

Massaman adalah kata dalam bahasa Thailand untuk menyebut Muslim. Massaman Curry yang berasal dari Thailand Selatan ini awalnya merupakan makanan halal yang terdiri dari santan, kentang, kacang, daun salam, pala, dan kayu manis serta daging ayam atau sapi. Seiring waktu, tersedia juga pilihan daging babi.

Jim Jum

Jim jum adalah hot pot ala Thailand untuk makan bersama. Sebuah periuk tanah liat berisi kaldu diletakkan di atas arang, kemudian kangkung, kubis, daging (babi dan jeroan), telur, sohun, dan daun kemangi dimasukkan ke dalam panci yang mendidih.

Pla Pao

Ikan ini paling dicari ketika menikmati som tam dan nasi ketan. Dijejali dengan serai, daun jeruk, dan bumbu lainnya, lalu digulirkan di atas garam, kemudian dibakar tidak terlalu matang, sehingga dagingnya pun juicy. Pla pao biasanya dibuat dari ikan nila dan kakap.

Coconut Ice Cream

Disajikan dalam batok kepala yang sudah dibelah dua, batok ini berfungsi sebagai mangkuk es krim yang diberi aneka topping, seperti nata de coco, kacang merah, manisan mangga, ketan, kismis, mese, kacang tanah goreng, dan kolang-kaling.

Ketan Mangga dan Durian

Beras ketan dimasak dengan santan kental dan manis, kemudian disajikan dengan beberapa irisan mangga matang atau durian (atau keduanya). Tak lupa ditambahkan sirup kelapa, sehingga keseluruhan rasanya pun sangat manis. Penganan ini bisa ditemukan di banyak tempat di Bangkok, mulai dari pasar hingga restoran mewah.

Sangkhaya Fak Thong

Labu yang bijinya telah dibuang diisi dengan custard kelapa yang creamy dan ketika custard telah mengeras, labu tersebut diiris dan diberi sesendok manisan. Butuh waktu lama untuk membuatnya, sehingga biasanya hanya dijual sore dan malam hari di Poisien (Soi Ratchawithi 6, Boonme Building, Phaya Thai).

Thai Candied Cassava

Singkong yang direbus dengan gula dan santan ini disajikan dengan saus yang terbuat dari santan kental yang diolah dengan daun pandan.

Best Street Food on Sukhumvit Soi 38

Jajanan jalanan terbaik di Thailand bisa ditemukan di Sukhumvit Soi 38. Enak, murah, dan ramah turis dengan menu yang tertulis dalam bahasa Inggris, beberapa menu yang difavoritkan adalah pad thai, sate, ayam bakar, dan aneka sup. Tersedia jus dan smoothie buah dengan harga murah, selain ketan mangga untuk hidangan penutup. Pasar ini terletak di samping stasiun BTS Thong Lo (E6), dan buka mulai pukul 18:00 hingga dini hari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here