Taman Bambu, Spot Olahraga Favorit di Cipayung

Foto: Dok. Google Maps/Iwan Fauzi

Di tengah maraknya pembangunan infrastruktur di Jakarta, masih ada sejumlah ruang terbuka hijau yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat sekaligus mendekatkan diri dengan alam. Buat kamu yang tinggal di Jakarta Timur, salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Bambu.

Taman yang sudah ada sejak 2019 ini menempati lahan seluas sekitar 2,8 hektar. Nama Taman Bambu diberikan bukan karena tempat ini ditumbuhi dengan pohon bambu, melainkan dari lokasi tempatnya dibangun, yakni kawasan Bambu Apus di Kecamatan Cipayung.

Foto: Dok. Google Maps/Dwi S. Wibowo

Suasananya sendiri begitu asri dengan pepohonan rindang maupun rerumputan hijau yang menghiasi taman ini. Selain duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangannya, kamu juga bisa berolahraga di sini dengan memanfaatkan sejumlah fasilitas yang ada.

Mereka yang ingin berlari atau berjalan santai dapat menyusuri jogging track-nya yang sudah di-paving. Rutenya mengitari danau maupun pepohonan yang ada di taman itu. Kamu yang mengajak serta teman atau keluarga juga bisa bermain di lapangan bola dan badmintonnya.

Foto: Dok. Google Maps/Rano Cahyawidi

Selain fasilitas olahraga, taman ini juga menyediakan wahana bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan bak pasir. Sementara yang ingin melepas lelah pun dapat beristirahat di gazebo yang tersedia.

Kalau berniat berpiknik, kamu bisa membawa tikar sendiri maupun perbekalan untuk disantap di taman. Namun, pastikan untuk tidak merusak tanaman dan ingatlah untuk membersihkan sampah bekas piknik sebelum pulang.

Foto: Dok. Google Maps/Rumi 90

Yang berolahraga pun sebaiknya membawa bekal sendiri dari rumah untuk berjaga-jaga bila tak ada yang berjualan di sekitar taman. Biasanya, penjual makanan hanya ada di akhir pekan.

Buka sepanjang hari, waktu terbaik berkunjung kemari adalah pagi atau sore hari ketika tak terlalu terik dan nyaman untuk beraktivitas, entah sekadar berpiknik ataupun berolahraga. Namun, karena biasanya sore lebih ramai, kamu yang ingin mencari ketenangan bisa datang pagi-pagi sekali.

Foto: Dok. Google Maps/Abdurrohman Sholeh

Selain itu, karena lokasinya ada di area permukiman dan tak ada akses transportasi umum, sebaiknya datang kemari dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun taksi/ojek online. Di lokasi sudah tersedia area parkir yang cukup luas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here