‘Pulang dengan Bunga’ Rayakan 10 Tahun Perjalanan Seni Botani Eunike Nugroho

Foto: Instagram @inikeke

Artotel Gajahmada Semarang­ kerap menggelar kegiatan seni secara berkala yang berkolaborasi dengan seniman Indonesia. Kali ini, hotel yang beralamatkan di Jalan Gajahmada tersebut menghadirkan pameran tunggal Eunike Nugroho yang bertajuk Pulang dengan Bunga.

Eunike pertama kali mengenal seni botani 10 tahun lalu di Sheffield. Ia kemudian menemukan panggilan baru untuk menggoreskan kuasnya kembali dan mengenal tetumbuhan lebih dalam.

Foto: Instagram @inikeke

Selama berkarya, ia kerap bekerja sama dengan berbagai pihak di seluruh dunia. Karyanya terbit sebagai seri perangko musim semi Canada Post, sampul buku Penguin Random House, ilustrasi Süddeutsche Zeitung Magazin, majalah ilmiah Technologist, dan juga National Geographic Indonesia.

Pameran Pulang dengan Bunga sendiri merupakan merupakan momen yang spesial bagi pendiri Indonesia Society of Botanical Artists (IDSBA) ini. Sebelum tinggal di beberapa kota di Indonesia dan Inggris hingga menetap di Yogyakarta, Eunike lahir dan tumbuh besar di Semarang. Lewat pameran ini, ia ingin menyajikan apa yang ia capai selama ini di ‘rumah sendiri’.

Foto: Instagram @inikeke

Karya-karya yang tampil di pameran ini mewakili perjalanannya dari waktu ke waktu. Berawal dengan bunga-bunga di negara empat musim, Eunike kini lebih memilih melukis flora asli Indonesia dan Asia Tenggara yang umum dijumpai, endemik, hingga yang terancam punah. Ia percaya seni yang ia tampilkan dapat menggerakkan hati orang lain untuk mencintai dan melestarikan alam.

Herwindo Aryo Kusumo selaku Hotel Manager Artotel Gajahmada Semarang mengungkapkan pihaknya sangat bangga bisa menyelenggarakan pameran tunggal dari salah satu seniman Indonesia yang memiliki kekhususan sendiri, yaitu mengangkat botanika dalam setiap karya lukisnya. “Hal ini sejalan dengan visi dan misi Artotel Group untuk selalu mendukung karier seniman Indonesia,” katanya.

Foto: Instagram @hendrik_mulyadi_foto

Gelaran pameran tunggal ini sendiri merupakan wujud dari dukungan Artotel untuk merakan 10 tahun perjalanan seni Eunike. Dengan konsep botani yang unik, pihaknya berharap pameran ini dapat menarik minat tamu hotel maupun masyarakat Semarang.

Pameran Pulang dengan Bunga berlangsung selama lebih dari dua bulan, yakni mulai 19 Agustus 2022 hingga 31 Oktober 2022. Pameran terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi secara gratis di Artspace Artotel Gajahmada Semarang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here