Petualangan ke Tiu Teja, Air Terjun Tersembunyi di Lereng Gunung Rinjani

Foto: Instagram @__dayyu

Lombok tidak hanya dikenal dengan hamparan pantainya yang eksotis, tetapi juga deretan air terjun cantik yang tersembunyi di balik hutan belantara. Salah satu dari beberapa air terjun yang ada di pulau ini adalah Air Terjun Tiu Teja, yang menawarkan petualangan yang tak terlupakan bagi para pencinta alam.

Air terjun ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Dari pusat kota Mataram, jaraknya sekitar 60 km atau bisa ditempuh dengan berkendara selama dua jam. Sesampainya di Desa Santong, kamu bisa memarkirkan kendaraan, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Tiu Teja dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek.

Foto: Instagram @adipamungkas20

Aksesnya berupa jalur tanah yang melewati perkebunan milik warga maupun hutan tropis di lereng Gunung Rinjani. Suasananya yang masih alami disertai dengan suara-suara alam yang merdu, seperti kicauan burung, menjadikan perjalanan menuju air terjun ini makin berkesan.

Tanda-tanda keberadaan Air Terjun Tiu Teja mulai terasa ketika suara gemuruh air terjun mulai terdengar, memanggil pengunjung untuk segera menikmati sejuk dan segarnya air pegunungan. Namun, petualangan belum berakhir.

Foto: Instagram @herkiandi

Pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan menuruni jalan setapak yang sekarang sudah dibuatkan anak-anak tangga hingga mencapai lokasi air terjun. Walau sudah ada pagar pembatas, anak-anak tangga tersebut cukup curam, sehingga mesti ekstra berhati-hati saat melintasinya.

Air Terjun Kembar

Setibanya di Air Terjun Tiu Teja, kelelahan akan terbayar lunas oleh pemandangan yang luar biasa. Dua aliran air terjun meluncur dengan derasnya, membentuk kolam di bawahnya yang cukup luas untuk berenang. Suasana sekitar yang dihiasi dengan semak-semak basah, batu-batu besar, serta tebing-tebing batu yang selalu basah dan berlumut, menambah pesona alami dari Air Terjun Tiu Teja.

Kolam alami di bawah air terjun menjadi tempat ideal untuk menyegarkan diri setelah perjalanan yang melelahkan. Tak hanya itu, suasana tenang dan damai di sekitar air terjun juga menjadi momen yang sempurna untuk merenung dan bersantai.

Foto: Instagram @aditralfath

Kalau ingin berpiknik, bawalah sendiri perbekalan maupun perlengkapan yang dibutuhkan karena belum ada pedagang makanan dan minuman di lokasi. Jangan lupa bawa handuk dan pakaian ganti kalau ingin bermain air. Selain itu, bawa pulang kembali sampah agar lingkungan sekitar terjaga kebersihannya.

Meski belum banyak wisatawan yang tahu Air Terjun Tiu Teja, kunjungan kemari layak dimasukkan ke dalam agenda perjalanan. Terutama bagi para petualang dan pencinta alam, kunjungan ke tempat ini menawarkan pengalaman yang berkesan dengan keindahan alam yang masih alami maupun tantangan perjalanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here