Liburan ala Jepang di Sakura Hills Tawangmangu

Ingin punya foto-foto cantik ala Jepang tapi bujet terbatas? Coba saja datang ke Sakura Hills di Kecamatan Tawangmangu, Jawa Tengah. Tempat wisata yang baru diresmikan Desember 2019 lalu ini menawarkan spot-spot foto cantik yang dipenuhi ornamen khas Jepang.

Begitu tiba di Sakura Hills, pengunjung akan disambut dengan pintu masuk ala gerbang istana kekaisaran Jepang. Di dalamnya, pengunjung dapat menemukan beberapa pohon sakura imitasi. Berpose di depan pohon sakura, ditambah dengan sentuhan kabut yang sering turun dari kawasan Gunung Lawu, menjadikan foto-foto hasil jepretan di sini makin cantik. Kabarnya, Sakula Hills juga telah menanam kurang lebih 100 batang pohon sakura. Wah, pasti tempat ini akan bertambah indah dengan berbunganya pohon-pohon ini!

Instagram @danarsibolang

Hanya itu saja? Jelas tidak! Sakura Hills juga memiliki replika torii seperti yang terlihat di Fushimi Inari Taisha, Kyoto. Pengunjung bisa puas berfoto di depan gerbang, atau di sela-sela tiang merah menyala yang membingkai sebuah jalan setapak. Dengan mengikuti jalan ini, pengunjung akan menemukan sisi lain taman dengan lebih banyak lagi tempat-tempat bernuansa Jepang.

Di sisi taman, pengunjung akan menemukan dua buah kolam air panas alami. Kolam ini dibuat sebagai replika dari onsen, pemandian air panas khas Jepang. Sayangnya, kolam yang menjadi bagian dari Water Onsen Park ini berada di area terbuka sehingga tidak bisa dipakai untuk berendam sepenuhnya. Para pengunjung mungkin hanya bisa duduk-duduk di bebatuan pinggir kolam sambil mencelupkan kaki ke air yang hangat.

Instagram @yusmeiga_mayang

Salah satu kegiatan paling unik di Sakura Hills adalah tantangan menyusun batu atau rock balancing. Untuk dapat menyusun beberapa batu besar hingga bisa berdiri seimbang, diperlukan kesabaran dan konsentrasi yang tinggi. Penasaran ingin mencoba? Aktivitas ini bisa dilakukan di area Zen Garden, area berbentuk taman batu khas Jepang, lengkap dengan pasir dan batu kerikilnya serta gazebo di sisi depannya. Sambil berusaha menyusun batu, pengunjung juga bisa menikmati alunan shakuhachi (alat musik tradisional Jepang) yang membuat suasana bertambah teduh.

Aktivitas yang juga tidak boleh dilewatkan di Sakura Hills adalah Forest Canopy Tour. Di area ini, Anda bisa menyusuri jembatan bambu panjang yang membelah hutan. Pastinya Anda bisa mengambil foto-foto cantik di sini dengan latar belakang hijaunya hutan yang masih rindang. Salah satu spot terbaik ada di ujung jembatan dengan pemandangan Bukit Mongkrang di latar belakangnya. Sambil berjalan, Anda juga bisa menikmati suara-suara serangga yang sudah jarang terdengar di kota-kota besar.

Instagram @afaqihi_20

Supaya foto ala-ala Jepang makin autentik, pengunjung juga bisa menyewa berbagai pakaian khas Jepang untuk dipakai selama berada di Sakura Hills. Ada berbagai pilihan pakaian untuk pria maupun wanita dan juga anak-anak. Pengunjung bisa menyewa kimono dengan harga Rp 10.000 dan baju kesatria Jepang dengan harga Rp 25.000. Ada juga berbagai aksesori lainnya, seperti payung dan pedang, dengan harga sewa yang berbeda-beda.

Sakura Hills terletak di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu No. 16, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor langsung ke arah Tawangmangu. Dari arah yang menuju Grojogan Sewu, pengunjung perlu ke timur arah Magetan. Lokasinya bersebelahan dengan tempat wisata Cemoro Kandang. Saat ini, tiket masuk dipatok dengan harga Rp 30.000 per orang. Sakura Hills buka setiap hari pukul 08:00 hingga 17:00.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here