Indonesia Comic Con Siap Luncurkan INACON Juni Mendatang!

Foto: Dok. Indonesia Anime Con

Indonesia telah lama menjadi pusat pertemuan bagi penggemar budaya pop Asia. Dari anime hingga musik J-Pop, kegemaran akan budaya populer Asia telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang di tanah air. Untuk merayakan keberagaman dan kreativitas dalam budaya pop Asia, Indonesia Comic Con dengan bangga mempersembahkan Indonesia Anime Con (INACON).

Pengumuman peluncuran acara terbaru ini dilakukan saat Kick Off INACON pada 5 Maret 2024 di Irotikay Infinity, Jakarta. Dijadwalkan digelar pada 15-16 Juni 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, INACON menandai sebuah tonggak baru dalam pesta budaya populer di Indonesia.

Foto: Dok. Indonesia Anime Con

Apa yang membuat INACON begitu istimewa? Pertama-tama, INACON adalah perayaan budaya pop Asia terbesar di Indonesia yang dikhususkan untuk menyatukan semua aspek kreativitas, dari kreator, hobi, film, hingga musik. Bukan hanya sekadar konvensi biasa, INACON bertujuan untuk menjadi pusat pertemuan bagi penggemar dan komunitas budaya pop Asia dari seluruh Indonesia, dan bahkan dari seluruh dunia.

Hal lain yang paling membedakan INACON dengan acara sejenis adalah komitmennya terhadap pertumbuhan Kekayaan Intelektual (IP) lokal. “Tidak hanya berkomitmen menjadi tempat pertemuan, tapi kami juga berkomitmen untuk bisa mendorong pertumbuhan Kekayaan Intelektual (IP) lokal pada acara ini,” kata Andita Tirtawisata, Direktur Panorama Media sebagai penyelenggara acara Indonesia Anime Con dan Indonesia Comic Con.

Foto: Dok. Indonesia Anime Con

Dengan melakukan kolaborasi strategis dengan beberapa IP lokal Indonesia, seperti INFIA Corp., Jiva Animation, dan Shikisai, serta pemain IP lokal lainnya, INACON menjadi platform bagi promosi karya-karya kreatif lokal yang berharga. Rizki Pangarso selaku kreator Hai Dudu dan Hikaru Aswin selaku CEO Jiva Animation berbagi harapan bahwa INACON akan membantu meningkatkan pengakuan atas animasi lokal di Indonesia dan membuka peluang bagi karya animasi baru.

Tentu saja, INACON tidak hanya menawarkan pameran dan promosi. Acara ini menyajikan berbagai kegiatan menarik seperti sesi talkshow dengan nama-nama besar di industri anime dan budaya pop, kompetisi dari gaming hingga cosplay (termasuk kompetisi internasional seperti International Cosplay League), penampilan live dari talenta industri kreatif, serta peluncuran film dan produk baru.

“Acara-acara yang akan ada di INACON ini tentunya mempunyai tujuan untuk membagikan wawasan, pengalaman, dan memberikan inspirasi bagi para pengunjung”, kata Lulu Anwar, Project Manager INACON.

Foto: Dok. Indonesia Anime Con

Melalui kolaborasi dengan Telkomsel, INACON juga memperkuat dukungan terhadap industri kreatif dengan layanan Dunia FanMate dan Dunia Games. Ini memberikan wadah bagi kreator, terutama dalam dunia cosplay dan game streaming, untuk mendapatkan dukungan dan apresiasi dari penggemar mereka.

Informasi lebih lanjut tentang INACON dapat diakses melalui akun Instagram @indoanimecon dan situs resminya di www.indonesiaanimecon.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here