Mengintip Pesona Bukit Gancik di Jalur Pendakian Merbabu

Buat kamu yang ingin mencari petualangan di Jawa Tengah, Bukit Gancik di Boyolali bisa menjadi pilihan. Terletak di ketinggian sekitar 1.850 mdpl, bukit ini tak hanya populer di kalangan pendaki Gunung Merbabu melalui jalur Selo Boyolali, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang menawarkan panorama alam memukau.

Dari bukit ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan ladang perkebunan sayur yang hijau. Selain terkenal dengan pemandangan matahari terbit dari balik Gunung Lawu, Bukit Gancik juga dijuluki Negeri di Atas Awan, terutama di musim penghujan ketika bukit ini tampak menyembul dari balik lautan awan.

Tempat Bersantai

Sebelum menjadi objek wisata, Bukit Gancik sudah dikenal di kalangan pendaki sebagai penanda bahwa petualangan mendaki Gunung Merbabu segera dimulai. Namun, sejak 2016, bukit ini mulai dikelola menjadi tempat nongkrong dengan sebutan Gancik Hill Top.

Awalnya, Gancik Hill Top hanya berupa tempat istirahat sederhana untuk masyarakat sekitar dan pendaki yang baru turun dari puncak. Berkat kerja sama masyarakat setempat, pohon bambu ditanam, dan hasilnya diolah menjadi gardu pandang dan jalan layang yang berliku-liku.

Perjalanan Menuju Puncak

Ada dua cara untuk menuju Bukit Gancik. Bagi yang suka mendaki, perjalanan menuju puncak bukit selama sekitar satu jam akan memberikan pengalaman yang menantang namun memuaskan. Melalui ladang tembakau dan sayuran, kamu bisa menikmati udara segar pegunungan maupun pemandangan alam yang indah.

Opsi lainnya, kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa ojek. Tarifnya terjangkau, sekitar Rp10-15 ribu. Sementara tiket masuk Bukit Gancik sebesar Rp5 ribu per orang.

Foto: Dok. Google Maps/Muhammad Amien Harimahardhika

Khusus pendaki Gunung Merbabu, mereka dapat masuk kawasan wisata ini secara gratis. Selain sudah membayar tiket pendakian, Bukit Gancik memang masuk ke dalam jalur pendakian Gunung Merbabu.

Untuk kenyamanan pengunjung, di lokasi sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, dari area parkir, toilet umum, hingga camping ground. Warung sederhana juga tersedia untuk yang ingin mengisi perut sambil menikmati pemandangan sekitar.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk berfoto di spot-spotnya yang Instagrammable. Gardu pandang dan jalan layang dengan tulisan Gancik Hill Top menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here