Bukit Pranji, Spot Berburu Sunrise di Kebumen

Foto: Instagram @wiwidwa

Kebumen, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, menyimpan berbagai keajaiban alam yang menanti untuk dijelajahi. Salah satu destinasi yang menarik perhatian para pencinta alam dan fotografi adalah Bukit Pranji. Terletak di antara Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Bukit Pranji menjadi spot berburu sunrise yang memukau dengan keindahan alamnya.

Lokasi dan Akses

Bukit Pranji dapat diakses dengan mudah dari pusat kota Kebumen dengan berkendara selama sekitar 30 menit. Wisatawan dapat mengambil rute melalui Jalan HM. Sarbini dan belok kanan ke Jalan Raya Peniron menuju Desa Pengaringan. Meskipun sebagian besar jalur dapat dilalui oleh mobil, sepeda motor ataupun sepeda gunung menjadi pilihan yang lebih disarankan untuk menikmati perjalanan yang lebih fleksibel.

Foto: Dok. Google Maps/Latif Rosidi

Petualangan Menuju Puncak

Petualangan menuju puncak Bukit Pranji dimulai dengan melintasi jalur trekking berupa tanah dan rerumputan maupun anak-anak tangga. Dengan ketinggian sekitar 500 mdpl, medannya tergolong mudah, meski di akhir perjalanan cukup menantang bagi pemula. Selain itu, jalurnya bisa cukup licin sehabis hujan, jadi pastikan kenakan alas kaki yang sesuai.

Meskipun memerlukan usaha ekstra, keindahan alam sepanjang perjalanan membuat setiap langkah seakan menjadi bagian dari petualangan yang tak terlupakan. Terlebih, jaraknya tak begitu jauh dari lokasi parkir.

Foto: Dok. Google Maps/Mohammad Abror

Menyaksikan Negeri di Atas Awan

Bila cuaca cerah, pengunjung akan disambut oleh pemandangan luar biasa yang tampak seperti negeri di atas awan. Gumpalan awan yang lembut melingkupi puncak Bukit Pranji, menciptakan suasana yang magis dan menawan.

Keindahan ini semakin memukau ketika matahari mulai muncul di ufuk timur. Dari ketinggian, kamu bisa menikmati hamparan alam Kebumen yang menawan.

Foto: Instagram @anrseptiadi

Camping

Banyak wisatawan yang memilih untuk mendirikan tenda dan berkemah di sekitar puncak Gunung Pranji. Camping di malam hari tidak hanya memberikan pengalaman mendalam dengan alam, tetapi juga memungkinkan mereka untuk lebih siap dalam memburu fajar di pagi hari.

Namun, bila berencana berkemah di sini, pastikan untuk membawa tenda dan perlengkapannya. Pasalnya, di lokasi masih belum tersedia tempat penyewaannya. Selain itu, siapkan pula perbekalan untuk mengisi perut.

Foto: Instagram @ferisuminar

Meskipun fasilitas di sekitar Bukit Pranji masih terbatas, pengunjung diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mendirikan tenda dengan izin dari warga setempat. Sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan menjadi kunci untuk menjaga keindahan alam ini agar tetap lestari.

Bukit Pranji di Kebumen bukan sekadar destinasi wisata alam, tetapi juga tempat bertualang yang menarik. Dengan jalur trekking yang ramah untuk pemula, pemandangan negeri di atas awan, dan momen sunrise yang tak terlupakan, bukit ini merupakan surga bagi pencinta alam dan petualang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here