Di Timur Matahari, Ekspresi Perjalanan Hidup Riono Tanggul

'Interior Inferior #1' (2023) karya Riono Tanggul

Kohesi Initiatives menghadirkan Di Timur Matahari, pameran seni tunggal dari Riono Tanggul. Dibuka sejak 11 November 2023, pameran ini berlangsung hingga 28 Januari 2024 di Tirtodipuran Link Building A, Jl. Tirtodipuran No. 50, Yogyakarta.

Inspirasi dari Lagu W.R. Soepratman

Tajuk pameran ini, Di Timur Matahari, diambil dari lagu berjudul sama karya W.R. Soepratman, seorang pahlawan nasional Indonesia, jurnalis, dan pencipta lirik serta melodi lagu kebangsaan Indonesia, ‘Indonesia Raya’. ‘Di Timur Matahari’ menjadi fondasi bagi Riono Tanggul dalam menjalani kehidupannya, baik sebagai individu maupun sebagai seniman.

Foto: Dok. Kohesi Initiatives

Lagu ini, dengan empat baris yang sederhana, dimaksudkan untuk dinyanyikan berulang-ulang dengan semangat, menggambarkan matahari terbit dari timur sebagai awal dari suatu perjuangan. Riono Tanggul memilih judul ini untuk mencerminkan praktik seninya dan pilihan karyanya sebagai seorang manusia dan seniman.

Perjalanan 20 Tahun Seniman

Pameran ini bukan hanya sekadar pameran seni, tetapi juga merupakan perayaan perjalanan seni Riono Tanggul, yang akrab disapa Tatang, selama dua dekade. Dalam pameran ini, Tatang menandai titik balik baru dalam perjalanannya sebagai seniman.

‘My Own Perspective’ (2023) karya Riono Tanggul

Tatang bukanlah seniman dengan gagasan yang gaduh, melainkan ia mengakar pada pengalaman praktis dan fokus pada hal-hal sehari-hari. Studio seninya menjadi pusat eksplorasi, di mana Tatang berinteraksi dengan berbagai media ekspresi. Dari perjalanan yang panjang, Tatang akhirnya memilih kertas sebagai medium yang paling intim dan langsung untuk mengekspresikan posisinya sebagai manusia dan seniman yang selalu berada dalam situasi yang sulit.

Pameran Di Timur Matahari

Pameran ini mencakup karya-karya yang memperlihatkan keahlian dan pemahaman mendalam Tatang terhadap kehidupan, seni, dan makna di sekitarnya. Di Timur Matahari bukan hanya tajuk pameran, melainkan juga ungkapan tentang awal perjuangan dan momen titik balik dalam perjalanan hidup.

Salah satu karya yang menonjol adalah ‘My Own Perspective’ (2023), sebuah lukisan dengan soft pastel di atas kertas Arnhem. Karya ini mencerminkan pengalaman Tatang dalam berurusan dengan pasar seni.

Foto: Dok. Kohesi Initiatives

Tatang meyakini bahwa dalam pasar seni, seringkali nilai-nilai, pengetahuan, dan kontemplasi yang terkandung dalam sebuah karya seni diabaikan demi komoditas atau barang investasi. Lukisan ini memperlihatkan ruang studio Tatang, tempat dia berinteraksi dengan berbagai materi dan menciptakan karya di tengah-tengah kehidupan domestiknya.

Penikmat seni yang ingin melihat ‘My Own Perspective’ maupun karya lainnya dari Riono Tanggul di pameran Di Timur Matahari, bisa langsung menuju Tirtodipuran Link Building A.

Pameran buka pukul 12:00-19:00 di hari Selasa-Jumat, dan 12:00-20:00 di hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuk pameran adalah Rp30 ribu per orang. Untuk reservasi kunjungan, silakan isi formulir di laman ini atau klik tautan pada bio akun Instagram @kohesi.initiatives.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here