Hiking ke Curug Ciparay Tasikmalaya, Ide Aktivitas Seru di Akhir Pekan

Foto: Instagram @heru_montana

Memiliki lanskap alam yang menawan, Jawa Barat menawarkan banyak destinasi menarik untuk hiking. Sebut saja Curug Ciparay yang terletak di kaki Gunung Karacak dan Galunggung, tepatnya di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.

Air terjun ini dikenal juga dengan nama Curug Kembar karena memiliki dua aliran air yang berbeda ketinggian, yakni 55 meter dan 75 meter. Debit air yang cukup besar dan kolam yang dangkal di bawahnya menjadikannya tempat yang cocok untuk bermain air atau sekadar berendam sambil menikmati keindahan alam.

Foto: Instagram @rayghipary

Untuk mencapai Curug Ciparay, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota Singaparna, ibu kota Tasikmalaya. Kalau dari Bandung, waktu tempuh berkendaranya sekitar 3,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

Sesampainya di gerbang utama Curug Ciparay, kamu dapat memarkirkan kendaraan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke lokasi curug melalui jalan setapak.

Foto: Instagram @harryharyanto_10

Medan perjalanan dengan tanah dan bebatuan menurun akan membuat pengunjung merasa seperti sedang menjelajahi alam yang belum tersentuh. Namun, pengalaman ini akan memberikan kepuasan yang luar biasa sesampainya di Curug Ciparay.

Suara deburan air yang jatuh dan hijaunya alam sekitar memberikan pengunjung pengalaman yang menenangkan. Terlebih lagi, udara sejuk yang mengelilingi tempat ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk melarikan diri dari keramaian perkotaan.

Foto: Instagram @sobar_rdn

Bila ingin berendam, kamu bisa masuk ke dalam kolam yang alirannya tak terlalu deras, tak jauh dari area Curug Ciparay. Airnya jernih dan menyegarkan, sehingga pas untuk melepas lelah setelah melalui perjalanan jauh.

Jangan lupa untuk berfoto di spot favoritnya yang terletak di lokasi parkir. Spot tersebut berbentuk perahu dan memperlihatkan panorama Curug Ciparay dari ketinggian, lengkap dengan rimbunnya hutan di sekitar curug tersebut maupun puncak Gunung Galunggung di kejauhan. Kamu dapat mengabadikan keindahan di spot tersebut sebelum atau sesudah hiking ke Curug Ciparay.

Foto: Instagram @ziiom_hendry

Tips

Sebagai informasi, pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna merah menurut mitos setempat. Konon, pengunjung yang mengenakan pakaian merah akan merasa sangat betah dan enggan pulang, bahkan jika dipaksa. Ada juga cerita bahwa jika seseorang berfoto dengan pakaian merah, kakinya akan terlihat tidak menyentuh tanah alias melayang. Walau hanyalah mitos, ada baiknya untuk menghormati dan mematuhi larangan tersebut.

Sebelum berkunjung, cek prakiraan cuaca maupun kondisi kendaraan. Siapkan pula alas kaki yang nyaman dan tidak licin karena jalur menuju Curug Ciparay didominasi turunan. Terakhir, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keindahannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here