Bertualang di Batu Lumpang, Destinasi Wajib untuk Penggemar Kayak dan Body Rafting!

Foto: Instagram @batulumpang_garden

Pangandaran tak hanya terkenal dengan keindahan pantai ataupun wisata Green Canyon. Kawasan ini juga menyimpan sejumlah atraksi lainnya yang tak kalah menarik. Sebut saja Batu Lumpang Garden yang terletak di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi.

Dari pusat kota Pangandaran, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 26 km atau 45 menit hingga sampai di Batu Lumpang Garden. Walau dekat pusat kota, tak ada sarana transportasi umum untuk mencapai lokasi. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan kendaraan pribadi atau sewaan untuk mengaksesnya.

Foto: Instagram @batulumpang_garden

Sesampainya di sana, mata akan dimanjakan dengan pemandangan sungai yang mengalir di antara formasi batuan karst yang megah. Tak heran bila tempat ini dikenal juga sebagai Grand Cliff atau Tebing Agung. Suasana semakin terasa asri berkat tanaman dan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitarnya.

Body Rafting

Aliran Sungai Cijulang yang melintasi Batu Lumpang Garden merupakan tempat sempurna untuk menikmati body rafting. Kamu bisa menikmati serunya mengapung dengan bantuan jaket pelampung sembari menyusuri sungai yang berliku-liku dan menikmati pemandangan sekitar yang mengesankan.

Foto: Instagram @abdul_i7

Kamu juga bisa berhenti di salah satu spot untuk mencoba melompat dari tebing batu setinggi 50 cm sampai 12 meter. Belum punya nyali untuk melakukannya? Tak mengapa, kamu bisa tetap merasakan serunya body rafting di sini!

Semua aktivitas ini akan senantiasa didamping oleh instruktur yang berpengalaman. Karena itu, tak perlu khawatir soal keamanan, asalkan selalu mematuhi petunjuk dan arahan yang diberikan oleh pemandu.

Bermain Kayak

Foto: Instagram @batulumpang_pangandaran

Selain body rafting, kamu juga bisa mengayuh kayak untuk menjelajahi Sungai Cijulang. Kebanyakan wisatawan memilih untuk melakukan dua kegiatan sekaligus agar menghemat waktu dan biaya.

Setelah lelah menyusuri sungai dengan body rafting, kamu bisa bersantai di atas kayak sambil menikmati pemandangan sekitar. Arus sungainya yang tak begitu deras cocok untuk pemula yang ingin mencoba olahraga kayak.

Foto: Instagram @batulumpang_pangandaran

Ada dua pilihan trek untuk bermain kayak, yakni trek pendek dengan kisaran durasi 2-2,5 jam, serta trek panjang yang berdurasi 4-4,5 jam. Biaya mulai Rp250 ribu untuk kayak, dan Rp150 ribu untuk body rafting.

Biaya untuk kedua kegiatan, baik body rafting maupun kayak, sudah mencakup perlengkapan seperti pelampung, helm, pemandu, dokumentasi, dry bag, dan transportasi menuju titik awal. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @batulumpang_pangandaran atau hubungi WhatsApp 082217040215.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here