Trekking Seru ke Tiu Kelep, Air Terjun Cantik di Kaki Rinjani

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu destinasi pilihan di Lombok untuk para pencinta alam maupun petualang. Terletak di kaki Gunung Rinjani, air terjun setinggi 42 meter ini mampu memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri berkat keindahannya.

Nama Tiu Kelep sendiri diambil dari bahasa Sasak, yakni ‘tiu’ yang berarti ‘air’ atau ‘kolam’, serta ‘kelep’ yang berarti ‘terbang’. Maknanya kurang lebih adalah kolam tempat buih-buih air beterbangan. Di saat-saat tertentu, curahan air tersebut memunculkan pelangi di ujung air terjun, membuat pemandangannya semakin mengesankan.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Tiu Kelep, wisatawan mesti melakukan perjalanan melalui hutan yang rimbun. Tak perlu khawatir bersusah payah mencapainya, karena aksesnya relatif mudah untuk pemula.

Jalurnya berupa anak-anak tangga batu yang menurun dan tertata apik. Selanjutnya, jalurnya masih berupa jalan batu yang relatif datar, sebelum menjumpai jembatan. Setelah melewati sungai, jalurnya kembali berupa bebatuan, sebelum akhirnya tiba di Air Terjun Tiu Kelep. Bila tak banyak berhenti untuk beristirahat atau berfoto, kamu bisa mencapainya dalam waktu satu jam, atau bisa lebih cepat.

Sesampainya di Air Terjun Tiu Kelep, pengunjung akan disambut oleh papan bertuliskan ‘Welcome to Tiu Kelep’, menandakan kedatangan di destinasi yang ditunggu-tunggu. Para pengunjung akan terpesona oleh pemandangan spektakuler dari aliran air yang jatuh dari ketinggian 42 meter dan membentuk kolam air yang dalam di dasar air terjun. Percikan air yang jatuh menciptakan pelangi kecil yang cantik di sekitar area air terjun saat matahari bersinar cerah.

Dikelilingi oleh pepohonan hijau, lumut, dan tumbuhan lainnya, suasana di sekitar Tiu Kelep terasa sejuk dan menenangkan. Udara segar dan suara curahan airnya membuat kamu bakal betah berlama-lama di sana. Kamu bisa berendam di tepian kolam, namun jangan berada di bawah curahan air terjun langsung karena bisa berbahaya.

Sepuasnya berfoto dan berendam di sana, kamu bisa kembali ke titik awal trekking. Untuk petualangan seru, cobalah memilih rute kembali melalui gorong-gorong atau saluran irigasi. Namun, disarankan untuk membawa senter karena di beberapa titik ada kawat yang menonjol dan membahayakan kaki.

Berlokasi di Desa Senaru, Lombok Utara, Air Terjun Tiu Kelep dapat diakses dengan berkendara sekitar dua jam dari kawasan Senggigi. Tidak ada kendaraan umum yang ke arah air terjun tersebut, jadi kamu bisa menuju lokasi dengan motor atau mobil sewaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here