Gunung Kondo di Sembalun Sajikan Indahnya Panorama Rinjani dan Sabana

Foto: Instagram @wibbi_marki

Kawasan Sembalun di Lombok Timur merupakan salah satu destinasi favorit buat para pendaki. Bayangkan, dalam satu wilayah, ada tujuh puncak yang bisa didaki dengan akses dari desa yang sama. Salah satu dari tujuh puncak yang dikenal sebagai Sembalun Seven Summits itu adalah Gunung Kondo.

Terletak di timur Gunung Rinjani, Gunung Kondo memiliki ketinggian sekitar 1.900 mdpl dengan jalur pendakian yang tak begitu curam. Karena itu, Gunung Kondo terutama cocok untuk yang ingin hiking tipis-tipis ke puncak gunung dengan medan yang tak begitu ekstrem.

Foto: Instagram @kezyayoanas_

Gunung Kondo juga bisa menjadi alternatif bagi yang tak memiliki waktu lebih untuk mendaki Gunung Rinjani. Untuk sampai ke puncaknya, durasi pendakiannya sekitar 3-4 jam. Treknya relatif aman dan ramah untuk pemula, namun tetap jangan diremehkan. Pastikan persiapkan fisik dan stamina sebelum melakukan pendakian.

Menggapai Puncak

Gerbang utama menuju Gunung Kondo berada di jalur pemandian air panas Desa Sebau. Dari pusat kota Mataram, jarak tempuhnya 75 km, atau sekitar 2 jam berkendara. Setibanya, kamu bisa memarkirkan kendaraan, kemudian membayar tiket masuk menuju Gunung Kondo.

Di sekitar gerbang utama pendakian ini ada sejumlah pedagang yang menjual sejumlah keperluan untuk pendaki. Mereka yang tak sempat menyiapkan perbekalan atau perlu menambah logistik, bisa membelinya di sini.

Foto: Instagram @watetgilis

Setelah siap, kamu bisa memulai pendakian menuju puncak. Perjalanan menuju Pos 1 akan melintasi trek berupa tanah dan bebatuan dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Mata air dan sungai yang jernih di Pos 1 bisa dimanfaatkan untuk mengisi kembali pasokan air.

Lanjut ke Pos 2, jalurnya masih cukup landai dan tak begitu menguras tenaga. Sesampainya di Pos 2, kamu bisa menjumpai dua jalur, yakni menanjak menuju puncak maupun menurun ke Savana Propok.

Foto: Instagram @allthedayy__

Teruskan perjalanan menuju Pos 3 melewati batas vegetasi antara hutan dan padang sabana. Medannya akan terus menanjak, namun akan terbayar setibanya di puncak. Dari situ, kamu bisa menikmati hamparan sabana yang luas dengan latar Gunung Rinjani yang megah.

Para pendaki kerap bermalam di puncak Bukit Kondo untuk menyaksikan indahnya mentari terbit yang sinar perlahan menyingkap kawasan Savana Propok. Kabut tipis yang menyelimuti padang rumput tersebut juga akan terlihat jelas dari sana di pagi hari. Puas menikmati sunrise, barulah pendaki turun ke Savana Propok untuk melihat keindahannya dari dekat.

Foto: Dok. Google Maps/Wira Coki

Buat pemula atau pendaki yang belum pernah menuju Bukit Kondo, sebaiknya menyewa jasa pemandu saat registrasi di gerbang utama pendakian. Pendakian bisa dilakukan selama 2 hari 1 malam, dengan pilihan lokasi berkemah di Bukit Kondo atau Savana Propok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here