Serunya Jalur Downhill di Kemirikebo Bike Park, Pas buat Latihan!

Foto: Instagram @janji.gowes

Selain menyuguhkan keindahan alam, kawasan sekitar lereng Gunung Merapi juga menawarkan destinasi lain yang menarik untuk para petualang. Salah satunya adalah Kemirikebo Downhill (KDH) Track yang letaknya di Kampung Kemirikebo, Desa Girikerto, Sleman, Yogyakarta.

Kampung ini sebelumnya dikenal sebagai produsen susu kambing terbesar di Yogyakarta. Sejak kehadiran KDH Track, semakin banyak saja penyuka olahraga sepeda gunung yang datang kemari untuk menjajal kemampuannya di lintasan menurun.

Foto: Instagram @ae957

Karakteristik Medan

Secara umum, trek di sini berupa tanah yang cukup padat dan tak banyak kerikil.  Jalurnya melintasi hutan rimbun, sehingga tak begitu terik bila bersepeda di sini saat matahari sedang tinggi-tingginya. Hal ini juga memungkinkan pegowes untuk menikmati asrinya alam ditemani suara merdu kicauan burung.

Jalurnya sendiri hanya ada satu, namun dirancang lebih fleksibel dan dipastikan dapat dilalui oleh para pemula. Harapannya, semua kalangan dapat merasakan serunya bersepeda di KDH Track.

Foto: Instagram @najib_wedus

Karena medannya relatif mudah, sejumlah pegowes pun kerap berlatih di sini. Selain menjumpai beberapa kelokan tajam, ada pula lintasan yang berupa jembatan bambu.

Biar tak bosan, pihak pengelola juga mengganti obstacle yang ada setiap beberapa bulan sekali. Dengan demikian, pesepeda tak akan pernah merasa bosan saat menyusuri trek tersebut.

Selain itu, KDH Track juga menyediakan jasa fotografer yang siap mengabadikan aksimu saat bersepeda di trek downhill. Fasilitas ini terutama disukai oleh para pegowes yang senang membagikan aktivitas bersepedanya di media sosial.

Foto: Instagram @gandaputra2004

Untuk bersepeda di KDH Track, kamu cukup membayar Rp20 ribu per orang. Bila tak memiliki sepeda gunung, tak perlu khawatir karena pihak pengelola siap menyediakan penyewaannya yang bekerja sama dengan pihak lain. Pastikan untuk menanyakan hal ini sebelum kedatangan ke lokasi ya!

Sebagai informasi, biaya masuk di atas tadi sudah termasuk biaya asuransi. Namun, syaratnya pesepeda harus mengenakan perlengkapan lengkap, dari helm, sepatu, sarung tangan, pelindung tubuh, hingga kacamata. Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @wisata_kemirikebo.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here