30 Perupa Muda Unjuk Karya di Galnas Lewat Pameran New Hope

Foto: Instagram @longart.russia

Art Xchange Gallery, galeri seni asal Denpasar, menggelar pameran seni rupa bertajuk New Hope di Galeri Nasional Indonesia. Berlangsung hingga 23 Februari 2023, pameran ini menampilkan setidaknya 80 karya terpilih dari 30 perupa nasional dan internasional.

Para perupa tersebut adalah Ayu Nur Aisah, Andi Prayitno, Ang Che Che, Anis Kurniasih, Antoe Budiono, Budi Asih, Burhanudin Reihan Afnan, Cadio Tarompo, Camelia Mitasari Hasibuan, Chairol Imam, Dedi Imawan, Dona Prawita Arissuta, E. Lestari, Friski Jayantoro, dan Hendra Purnama.

Foto: Instagram @linazulaikah

Ada pula karya dari I Made Santika Putra, I Putu Adi, Jemana Bayubrata Murti, Lim Tong Xin (Malaysia), Lini Natalini, Marisa R Ng (Malaysia), Nadya Korotaeva (Rusia), Nahyu Rahma Fathriani, Ni Nyoman Sani, Rawraw, R. Sumantri MS, Sergey Gapanovich (Rusia), Sinisha Kashawelski (Makedonia), Suwandi Waeng, dan Wisnu Ajitama.

Sesuai tajuknya, pameran ini ingin memberikan secercah harapan baru bagi dunia setelah beberapa tahun terakhir ini mengalami sejumlah krisis, termasuk pandemi. Harapan baru tersebut terwujud lewat karya-karya persembahan para perupa dari generasi yang lebih muda.

Foto: Instagram @riskafahraeni7

Menurut Benny Oentoro selaku Direktur Art Xchange Gallery, kehadiran generasi muda ini sangat penting dalam dunia seni rupa, terutama untuk melanjutkan kesuksesan karier dari sejumlah maestro seni rupa asal Indonesia. Pihaknya pun sejak awal selalu berusaha memberikan kesempatan bagi para perupa muda bertalenta untuk berpameran di dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, keikutsertaan perupa internasional dalam pameran New Hope secara simbolis mewakili pesan universal tentang harapan akan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh manusia di dunia.

Dikurasi oleh Arif Bagus Prasetyo, pameran ini menampilkan sejumlah karya yang beragam, dari segi subjek, gaya, konsep, hingga pendekatan artistiknya. Pengunjung tak hanya bisa menikmati karya lukis, namun juga patung dan instalasi seni lainnya. Sebagian karya mengangkat masalah personal, sementara yang lain membidik isu sosial dan global.

Foto: Instagram @lalaroseyou

Pustanto selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia menyambut baik hadirnya pameran New Hope sebagai pameran temporer pertama di 2023. Baginya, tema pameran yang menyuarakan semangat dan harapan baru tersebut sangat tepat untuk menjadi pembuka agenda pameran temporer di Galeri Nasional Indonesia tahun ini.

Tertarik mengunjungi pameran ini? Silakan langsung registrasi melalui tautan di bio akun Instagram @galerinasional atau kunjungi laman ini. Gratis dan terbuka untuk umum, pameran New Hope dapat dikunjungi setiap harinya pukul 10:00 hingga 19:00 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here