Minang Geopark Run Ajak Pelari Menikmati Keindahan Geopark Silokek

Minang Geopark Run kembali hadir tahun ini pada 4 Desember mendatang. Ajang olahraga ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Sijunjung.

Pertama kali digelar pada 2018, kegiatan ini sempat terhenti pada 2020 karena pandemi. Meski demikian, Minang Geopark Run dilangsungkan kembali mulai tahun lalu untuk membangkitkan kembali pariwisata maupun perekonomian warga sekitar.

Foto: Instagram @atong_koko

Geopark Silokek sebagai tempat berlangsungnya Minang Geopark Run menyuguhkan hamparan tebing batu yang konon usianya ratusan juta tahun. Kawasan ini juga memiliki bentangan sawah hijau maupun aliran sungai yang kerap menjadi lokasi menikmati arung jeram.

Lewat kegiatan ini, para peserta diajak untuk berlari melintasi kawasan geopark sembari menikmati panorama alamnya yang masih asri. Tak hanya itu, mereka juga bisa melihat keragaman budaya yang ada di area ini, seperti deretan rumah gadang di Kampung Adat Nagari Sijunjung.

Foto: Instagram @ravinsk

Untuk mendukung penuh agenda olahraga tahunan, Pemkab Sijunjung maupun masyarakat sekitar akan melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah memperkenalkan UMKM yang ada di Sijunjung. Dengan demikian, sebelum acara lari dimulai, para peserta dapat mengikuti tur geopark yang diselingi melihat produk kreatif maupun kesenian daerah Sijunjung.

Kategori Lari

Minang Geopark Run melombakan dua kategori jarak, yakni 13K dan 55K. Khusus kategori 13K hanya tersedia untuk individu. Sementara untuk kategori 55K, tersedia untuk individu, Relay 2 Mix, dan Relay 4 Mix.

Rute 13K akan bermula di Kantor Bupati Sijunjung, melintasi Jalan Logas, dan finis di Geopark Silokek. Rute 55K juga akan berawal di Kantor Bupati Sijunjung, namun jalurnya melewati Kampung Adat Nagari Sijunjung, Tanah Badantuang, Lansek Manih, Tanjung Ampalu, lalu finis di Geopark Silokek.

Foto: Instagram @bojengpetualang

Registrasi secara daring di minang.geoparkrun.com paling lambat 3 November 2022. Biaya pendaftarannya Rp150 ribu untuk kategori 13K, sudah termasuk BIB, jersey, finisher medali, dan dokumentasi foto.

Kemudian, Rp1,5 juta untuk kategori 55K individu, Rp1,75 juta untuk kategori 55K Relay 2 Mix, dan Rp2 juta untuk kategori 55K Relay 4 Mix. Biaya sudah termasuk BIB, jersey, finisher medal, transportasi dari/ke Padang/Bukittinggi, akomodasi, sarapan, makan malam, dokumentasi foto, dan produk sponsor.

Khusus kategori Relay, cukup kapten tim yang mendaftarkan diri, dan dalam 2 x 24 jam pihak panitia akan menghubungi untuk menanyakan data anggota tim. Pastikan setiap anggota memiliki akun Beyond Run, dan setiap tim memiliki minimal satu peserta pria dan satu peserta wanita.

Hadiah uang tunai dengan nilai total Rp105 juta menanti untuk para pemenang. Daftarkan dirimu sekarang, jangan sampai terlewat ya! Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman ini atau ikuti akun Instagram @geoparkrunseries dan @beyondrun.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here