Pulau Sinyaru, Destinasi Penyelaman Hidden Gem di Sumatera Barat

Foto: Dok. Google Maps/Bob Island

Pulau-pulau mungil yang tersebar di perairan barat Sumatera menyuguhkan deretan spot penyelaman yang menarik untuk para diver. Salah satunya yang masih terbilang hidden gem dan belum banyak terekspos di media sosial adalah Pulau Sinyaru.

Secara administratif, lokasi pulau ini ada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Aksesnya mudah, kamu bisa mencapainya dengan naik kapal selama setengah jam. Sebelum sampai di pulau ini, dari kejauhan kamu bisa melihat daratan mungil dengan pepohonan rimbun maupun hamparan pasir di sekelilingnya.

Foto: Dok. Google Maps/Roger Cas

Saking kecilnya Pulau Sinyaru, kamu bisa berjalan kaki mengitarinya dalam waktu 10-15 menit saja. Namun, tentu saja aktivitas utama di pulau ini bukanlah untuk mengagumi daratannya (walau indah dengan perairan pirus yang mengepungnya), melainkan untuk menyelami alam bawah lautnya.

Setidaknya ada 18 situs penyelaman di sekitar Pulau Sinyaru, dengan sebagian besar dapat diakses dengan naik kapal selama 5-40 menit. Visibilitasnya sendiri sangat bergantung pada cuaca dan tidak dapat diprediksi, namun rata-rata berkisar antara 10 sampai 20 meter.

Foto: Dok. Google Maps/Bob Island

Kalau tak ingin jauh-jauh menyelam, ada hamparan terumbu karang yang bisa diakses langsung dari dermaga dengan kedalaman air berkisar mulai 5 sampai 30 meter. Di belakang pulau ini juga terdapat dinding karang dengan berbagai biota laut yang menakjubkan, yang cocok untuk kegiatan fotografi bawah laut.

Bila berniat untuk berlayar lebih jauh lagi, ada situs penyelaman yang wajib disinggahi, seperti Manta Point dan Falling Down. Kedalamannya bervariasi dari 15 sampai 60 meter, sehingga cocok untuk lokasi kursus PADI Deep Diver.

Foto: Instagram @bob_island

Karena banyaknya situs penyelaman yang ada di sekitar Pulau Sinyaru, disarankan untuk bermalam di sini. Renaza Resort merupakan satu-satunya akomodasi di pulau ini yang dikelola oleh Bob (karena itu jangan heran kalau pulau ini juga dijuluki Bob’s Island). Akomodasi tersebut dibatasi maksimal 17 tamu karena pasokan listrik dan air bersihnya terbatas, selain untuk memastikan suasananya tetap tenang dan damai.

Untuk sampai ke resor, tamu akan dijemput staf dari Bandara Internasional Minangkabau, kemudian diantarkan ke dermaga untuk naik kapal privat. Perjalanan dari bandara ke dermaga sekitar 45 menit, tergantung lalu lintas di Padang. Dari dermaga, dibutuhkan sekitar 30-45 menit hingga sampai di Pulau Sinyaru.

Foto: Instagram @mentossgapuk

Selama menginap, tamu akan disuguhkan makan tiga kali sehari, yang semuanya dimasak langsung oleh para staf. Bila memiliki alergi terhadap makanan tertentu, kamu bisa memberitahukannya kepada staf jauh-jauh hari sebelum kedatangan. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here