Berburu Sunrise di Bukit Pamoyanan, Negeri di Atas Awan Subang

Foto: Instagram @krisna.asfiz

Subang tak hanya terkenal dengan kawah, curug, pantai, atau pemandian air panasnya. Kawasan ini juga dihiasi perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam menawan. Salah satunya yang bisa kamu kunjungi tanpa harus susah payah mendaki adalah Bukit Pamoyanan.

Terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, bukit ini bisa dicapai dengan berkendara selama sekitar dua jam dari pusat kota Bandung. Arahnya sama seperti ke Lembang, hanya saja dari sana masih terus ke arah utara hingga tiba di pertigaan antara Jalan Palasari Dua-Babakan Gunung dengan Jalan Raya Cugak-Subang.

Foto: Instagram @arichaniago

Lanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Cugak-Subang ke arah timur sekitar 18 km, hingga akhirnya tiba di Bukit Pamoyanan. Untuk memudahkan, kamu bisa tinggal mengikuti navigasi dari Google Maps. Karena medan menuju lokasi cukup menanjak, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Berhati-hati jugalah saat berkendara, terutama untuk yang membawa mobil, karena jalannya tak begitu lebar.

Dari lokasi parkir, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju area camping. Jalur berupa anak-anak tangga tersebut dapat ditempuh selama sekitar 10 menit. Pastikan membawa semua barang bawaan yang diperlukan untuk berkemah biar tak capai bolak-balik ke bawah.

Foto: Instagram @gusstrav

Setibanya di puncak, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam Subang, dari ladang persawahan dan permukiman warga, hingga Gunung Canggah yang menjadi latarnya. Panoramanya terutama cantik saat matahari terbit, ketika area sekitarnya diselimuti oleh lautan awan. Karena itu, banyak campers yang rela bangun lebih pagi demi mengabadikan keindahannya.

Tentu saja pemandangan di malam hari tak kalah menawan, dengan indahnya taburan bintang maupun kelap-kelip lampu kota Subang. Sementara di siang hari ketika langit sedang cerah, kamu bisa melihat Gunung Tampomas di kejauhan.

Foto: Instagram @gepemoto

Bila tertarik berkemah di sini, kamu bisa membawa tenda sendiri atau menyewanya langsung di lokasi. Kalau membawa tenda sendiri, kamu bisa langsung mendirikan tenda di lokasi yang sudah disediakan. Sementara yang ingin menyewa, bisa langsung menuju tenda sewaan yang sudah didirikan dan dilengkapi colokan listrik.

Biaya camping Rp30 ribu, sudah termasuk biaya parkir kendaraan, penitipan helm, maupun akses listrik dan toilet. Tenda disewakan mulai Rp100 ribu untuk maksimal 4 orang hingga Rp200 ribu untuk maksimal 8 orang.

Foto: Instagram @nonasukmana

Biaya sewa per unit untuk matras Rp6 ribu, tikar Rp20 ribu, kasur Rp50 ribu, dan sleeping bag Rp15 ribu. Kamu juga bisa membeli kayu bakar Rp20 ribu per ikat untuk membuat api unggun.

Fasilitas lain yang tersedia antara lain spot foto, gardu pandang, warung yang buka sepanjang hari, hingga paintball yang bisa dimainkan bersama teman-teman dan keluarga. Untuk reservasi, hubungi WhatsApp 082128872221 atau kunjungi akun Instagram @bukitpamoyanan_official.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here