Run for Kuafenun, Lari Amal untuk Bangun Sekolah di Pedalaman

SDN Kuafenun merupakan satu-satunya sekolah dasar yang ada di Desa Nuapin, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya di pedalaman, sekitar 267 km dari pusat kota Kupang. Sekolah tersebut dibangun dengan hasil swadaya masyarakat.

Selama lebih dari satu dekade, murid-murid SDN Kuafenun di Desa Nuapin, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur mesti bertahan dengan fasilitas seadanya. Ruang belajar, buku pelajaran, papan tulis, dan perangkat pembelajaran tak tersedia, apalagi listrik dan internet. Tak hanya itu, akses jalan menuju lokasi sekolah dari pusat kota Soe sangatlah buruk.

Foto: Dok. Run for Kuafenun

Kondisi ini diperparah dengan badai Seroja di awal 2021 yang membuat murid-murid terpaksa belajar di ruangan tak beratap dengan berfondasikan bambu dan beralaskan tanah. Namun, hal ini tak lantas mematahkan semangat mereka untuk belajar dan mewujudkan mimpi mereka untuk hidup yang lebih baik.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok lewat program Kuafenun Belajar kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk membantu murid-murid SDN Kuafenun mendapatkan pendidikan maupun fasilitas yang lebih layak. Selain menggalang dana lewat platform Kitabisa.com, Kuafenun Belajar juga menyelenggarakan perhelatan lari amal Run for Kuafenun.

Hanya dengan berolahraga, peserta Run for Kuafenun dapat turut membantu membangun kembali sekolah di desa terpencil tersebut. Kegiatan ini dilakukan secara luring di Jakarta, Surabaya, dan Bandung pada 21 Mei 2022 pukul 07:30 hingga 11:00 (lokasi menyusul).

Sementara peserta di kota lain bisa mengikuti acara ini secara virtual dengan aktivitas yang bisa dilakukan di mana saja. Kamu bisa berjalan santai atau berlari di luar ruang, atau bahkan berlari di treadmill, asalkan mencapai jarak minimal 3 km.

Biaya pendaftarannya Rp129 ribu dengan registrasi yang bisa dilakukan paling lambat 18 Mei 2022 di laman ini. Biaya tersebut sudah termasuk finisher medal, e-sertifikat, dan donasi untuk pembangunan SDN Kuafenun beserta fasilitasnya, selain penyediaan perlengkapan murid.

Peserta juga bisa membeli merchandise Run for Kuafenun yang seluruh keuntungannya akan didonasikan. Produknya beragam, dari tote bag hingga T-shirt, dengan harga mulai Rp100 ribu. Pembelian bisa dilakukan lewat Tokonesia di laman ini atau via Google Forms di laman ini.

Foto: Dok. Run for Kuafenun

Kamu juga bisa turut berdonasi lewat platform Kitabisa.com di laman ini. Target donasi adalah Rp200 juta dengan saat ini yang sudah terkumpul mencapai Rp121 juta. Donasi bisa kamu lakukan dengan nominal mulai Rp20 ribu. Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @runforkuafenun.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here