Merayakan Semangat Kartini, Bentara Budaya Gelar Pameran ‘Gores Garis Perempuan’

Foto: Dok. Bentara Budaya

Hari Kartini menjadi momen untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini agar perempuan memperoleh hak yang sama dengan laki-laki. Untuk merayakannya, Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran yang menampilkan sejumlah karya seni para perupa perempuan Indonesia.

Bertajuk ‘Gores Garis Perempuan’, pameran ini ingin menunjukkan semangat wanita untuk terus berkarya meski datang dari latar belakang yang berbeda, dari pelajar, ibu rumah tangga, hingga yang memang berlatar pendidikan seni.

Foto: Dok. Bentara Budaya

Para perempuan ini berasal dari beragam era dengan aliran seni rupa yang berbeda. Sebut saja karya maestro seni Sriwati Masmundari yang meninggal pada 2005 lalu di usianya yang ke-100, ataupun Kartika Affandi yang merupakan putri perupa maestro Affandi. Tak ketinggian, pameran ini juga menampilkan lukisan karya anak sekolah dasar.

Total ada 46 perupa yang berpartisipasi, di antaranya adalah Alice, Alimah, Asnida Hassan, Astuti Kusumo, Besti Rahulasmoro, Camelia Mitasari & Reza Prastica Hasibuan, Dona Prawita Arissuta, Dyan Anggraini, Dyayi Nuswantari Pranahita, Erica Hestu Wahyuni, Harindarvati, Ida Hajar, Iin Risdawati, Ika Yuni Purnama, Januar Ernawati, Juni Wulandari, Justina Tri Sudjatmi, Kartika Affandi, Koestiyah E.S., Laksmi Shitaresmi, Linda Kaun, dan Lucia Hartini.

Foto: Dok. Bentara Budaya

Selanjutnya ada Mami Kato, Masmundari, Mola, Muntiana, Nabila Nisa Hafidzh (Nisa), Nana Tedja, Paula Isman, Putri Pertiwi, Ramadhyan Putri Pertiwi, Ratmini, Rie Kasahara, Rosya, Siswa Jogja Montessori School Yogyakarta, Siti Neneng Maya, Sri Hartati, Sri Setyawati Mulyani (Cipuk), Sriyani Hudyonoto, Treeda Mayrayanti, Trien “Iin” Afriza, Wara Anindyah, Wied Sendjayani, Wiranty, Ni Made Suciarmi, dan Sovi Oktaviani.

Sebanyak 48 karya dari para perupa perempuan ini bisa kamu saksikan di Bentara Budaya Jakarta yang berlokasi di Jalan Pamerah Selatan 17, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pameran berlangsung hingga 23 April 2022 mulai pukul 10:00 hingga 17:00.

Foto: Dok. Bentara Budaya

Masyarakat umum dapat mengunjungi pameran ini sesuai jadwal kunjungan yang ada, serta tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sebelum kedatangan, pastikan reservasi dahulu via situs resmi Bentara Budaya atau klik di laman ini.

Isi data diri, kemudian pilih tanggal maupun jam kunjungan. Ada 3 sesi yang bisa kamu pilih, yakni sesi 1 pukul 10:00 hingga 12:00, sesi 2 pukul 13:00 hingga 15:00, dan sesi 3 pukul 15:00 hingga 17:00. Selesai registrasi, kamu bisa hadir sesuai tanggal dan jam kunjungan yang telah dipilih. Tinggal tunjukkan email konfirmasi ke petugas dan siapkan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ruang pameran.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here