Asyiknya Ngabuburit sambil Joging di Hutan Mangrove Kebumen

Foto: Dok. Google Maps/Feri Suminar

Salah satu momen menyenangkan saat Ramadan adalah mengabuburit atau menanti buka puasa. Momen ini kerap diisi dengan berbagai aktivitas seperti jalan-jalan sore atau kegiatan lainnya agar menunggu berbuka tak lagi membosankan.

Kalau kamu pengin sekalian berolahraga, cobalah cari lokasi dengan suasana yang tak monoton. Ketimbang joging di jalan-jalan perkotaan, kamu bisa memilih ke tempat yang menyuguhkan pemandangan alam.

Foto: Dok. Google Maps/Titin Yuliatin

Di Kebumen, tempat semacam ini salah satunya bisa kamu temukan di Hutan Mangrove Kebumen. Seluas 54 hektar, kawasan hutan mangrove ini terletak tak jauh dari Pantai Logending, tepatnya di muara Sungai Bodo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari pusat kota Kebumen, kamu bisa mencapainya dengan berkendara selama 1,5 jam.

Pepohonan di sini tak hanya rimbun, namun juga tertata rapi, lengkap dengan jembatan kayu maupun jalur pejalan kaki yang bisa kamu manfaatkan untuk berjalan santai atau berlari memutari kawasan hutan.

Foto: Dok. Google Maps/Siska Tanti

Sembari berolahraga, kamu tak hanya bisa melihat berbagai jenis bakau yang tumbuh di sini, namun juga sejumlah fauna, seperti bangau putih dan kuntul hitam. Bila ingin melihat pemandangannya dari ketinggian, kamu bisa menuju menara pandang.

Jangan lupa bawa kamera untuk berfoto di sejumlah sudutnya yang menarik, lengkap dengan latar rimbunnya tanaman bakau. Lokasinya bisa di jembatan kayu, di menara pendang, atau bahkan saat sedang bersantai di gazebonya. Opsi lainnya, kamu bisa mencari spot foto saat menyusuri perairannya dengan naik perahu sewaan.

Foto: Dok. Google Maps/فينا قرة أعيننا P 12

Selesai beraktivitas, kamu bisa menuju rumah makan seafood yang berada di kawasan hutan bakau tersebut. Saat sudah waktunya berbuka puasa, kamu bisa bersantap di sana sembari menikmati berbagai menu yang ditawarkan, seperti aneka ikan, cumi, dan udang yang bisa ditumis, digoreng, ataupun dibakar.

Fasilitas lainnya yang tersedia di Hutan Mangrove Kebumen adalah toilet, area parkir, dan musala. Tak jauh dari hutan ini juga terdapat pasar ikan yang menjual aneka ikan segar maupun ikan yang sudah diasinkan. Buka sepanjang hari, biaya masuk Hutan Mangrove Kebumen terjangkau, yakni hanya Rp5 ribu per orang, sementara untuk sewa perahu Rp20 ribu per orang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here