Liburan Anti-mainstream di Pulau Pandang, Pulau Mungil di Selat Malaka

Foto: Instagram @3sy.bnd

Banyak pulau kecil di Indonesia yang namanya masih asing, terutama yang lokasinya terpencil dan butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Namun pulau-pulau itu biasanya sengaja dicari para penyuka petualang untuk liburan anti-mainstream.

Di Sumatera Utara, misalnya, ada sebuah pulau mungil yang lokasinya di Selat Malaka. Namanya Pulau Pandang. Terletak sekitar 47 km dari Tanjung Balai, pulau ini secara administratif masuk dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara.

Foto: Instagram @diyas.yb

Untuk mencapainya, kamu mesti berkendara dahulu menuju Pelabuhan Tanjung Tiram. Dari Medan, pelabuhan tersebut bisa dicapai dengan berkendara selama empat jam. Setibanya, kamu bisa naik kapal sewaan untuk menyeberang ke Pulau Pandang dengan durasi sekitar dua jam, tergantung kondisi laut.

Sebagai informasi, kapal tersebut biasanya berangkat bila kuota penumpang sudah terpenuhi. Selain itu, pemilik kapal bisa membatalkan keberangkatan bila laut sedang tidak bersahabat demi keamanan. Kalau tak mau repot mencari kapal sewaan, kamu bisa mengikuti open trip.

Foto: Instagram @benysmtupng

Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar setibanya di Pulau Pandang dengan pemandangan yang begitu eksotis. Kamu dapat melihat hijaunya alam di darat yang berpadu dengan pirusnya perairan yang mengepung pulau tersebut maupun birunya langit saat cuaca sedang cerah.

Meski lokasinya terpencil, Pulau Pandang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari dermaga, toilet, hingga penginapan. Menariknya, pengunjung bisa menaiki mercusuar yang menjulang di pulau tersebut untuk melihat panorama pulau dari ketinggian.

Foto: Instagram @danilakbar_siregar

Kelar berjalan-jalan berkeliling pulau dan berfoto di sejumlah spotnya yang fotogenik, kamu bisa bersantai di kawasan pantainya, atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang dihiasi oleh terumbu karang dan ikan warna-warni. bisa snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Biasanya, bila mengikuti tur, fasilitasnya sudah termasuk alat snorkeling. Namun ada baiknya membawa peralatan tersebut sendiri untuk berjaga-jaga bila ukurannya tak sesuai, selain untuk menjaga kebersihan di tengah pandemi.

Foto: Instagram @cicisaragi28

Operator seperti @kala_sumut, @travel4pulau, dan @tripnikmatsumut merupakan beberapa di antaranya yang menyediakan open trip ke Pulau Pandang. Biaya mulai Rp170 ribu per orang untuk perjalanan satu hari dengan keberangkatan dari Batubara, atau mulai Rp280 ribu per orang untuk keberangkatan dari Medan. Selain Pulau Pandang, kamu juga akan diajak mampir ke Pulau Salahnamo yang terletak 10 km di selatan Pulau Pandang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here