Gowes Seru Melintasi Kelok 8 di Bukit Sibea-bea

Foto: Instagram @iwanvanwilan

Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan panjang. Pasalnya, kawasan ini menyimpan banyak atraksi seru yang menanti untuk dikunjungi. Sebut saja Bukit Sibea-bea yang sempat viral di media sosial karena lanskapnya yang unik.

Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, bukit yang terletak di Kabupaten Samosir ini merupakan lokasi dibangunnya Patung Yesus, yang bila selesai nanti tingginya akan mencapai 61 meter. Di puncaknya, kamu juga bisa melihat panorama alam hijau dan hamparan luas Danau Toba sebagai latarnya maupun jalan berkelok-kelok sebagai aksesnya.

Foto: Instagram @rickybaharian

Serunya lagi, jalan beraspal tersebut sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga kamu bisa melintasinya dengan aman dan nyaman sambil menikmati pemandangan yang tersaji di sekitarnya. Kamu bahkan bisa membawa sepedamu untuk menjajal touring hingga ke puncak bukit.

Tergantung lokasi awal touring, kamu bisa sekalian mampir ke berbagai spot menarik di sepanjang rute. Kalau dari arah Medan, kamu bisa mengambil jalur melalui Berastagi, lalu terus lurus ke selatan hingga sampai di Taman Wisata Iman. Dari situ, ambil jalur ke kiri sampai tiba di Simpang Tele, lalu belok ke kiri lagi.

Foto: Instagram @martinnhandoko

Memasuki jalur ini, kamu bisa bersepeda santai melalui jalan yang berliku-liku membelah hutan dengan pemandangan Danau Toba di kejauhan. Jangan lupa mampir ke Menara Pandang Tele untuk menikmati indahnya barisan bukit, permukiman warga, persawahan, dan Danau Toba dari ketinggian.

Menuju Bukit Sibea-bea, medannya akan terus menurun, dari ketinggian sekitar 1.500 mdpl hingga menuju 900 mdpl. Jaga kecepatan dan tetap berhati-hati saat bersepeda, terutama bila berpapasan dengan sesama pengendara jalan.

Foto: Instagram @martinnhandoko

Sebagai informasi, jarak yang mesti ditempuh dari Medan ke Bukit Sibea-bea sekitar 174 km. Karena itu, bila berniat touring, kamu bisa membaginya menjadi beberapa etape. Opsi lainnya, kamu bisa berkendara ke destinasi pilihan di Kabupaten Samosir, kemudian bersepeda dari sana. Pilihan kedua ini terutama cocok untuk pemula atau pesepeda yang tak ingin bersepeda jauh, namun ingin tetap menjajal gowes di Bukit Sibea-bea.

Setibanya di Bukit Sibea-bea, kamu bisa beristirahat dahulu di dekat lokasi Patung Yesus dibangun (ditandai dengan miniatur patung di sisi jalan), sebelum melanjutkan perjalanan melintasi Kelok 8, nama jalanan berkelok di bukit tersebut yang kerap menjadi spot foto favorit bagi wisatawan.

Foto: Instagram @arisandy__

Jalan berkelok-kelok tersebut menghadap langsung ke Danau Toba. Kamu bisa bersepeda hingga ujung jalan (buntu), berfoto di sana, lalu gowes menanjak kembali ke puncak Bukit Sibea-beda dan melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Tak perlu terburu-buru mengayuh pedal sepedamu biar cepat sampai ke tujuan. Gowes santai saja sambil menikmati pemandangan cantik di sepanjang perjalanan. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa menikmati jalanan itu tanpa lalu-lalang kendaraan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here