Ciputra Artpreneur Akan Hadirkan Pameran Seni Maestro Raffaello

Dalam rangka mengenang 500 tahun wafatnya maestro seni terkemuka Raffaello, Kedutaan Besar Italia dan Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta akan menggelar pameran bertajuk ‘Magister Raffaello’ di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada 25 Februari hingga 31 Maret 2022.

Benedetto Latteri, Duta Besar Italia untuk Indonesia, mengatakan pihaknya bangga dapat membawa karya sang maestro dunia melalui instalasi video ke Indonesia. “Instalasi ini menyajikan karya Raffaello secara runut, sehingga kita bisa lebih memahami makna dari karyanya dan pengaruhnya terhadap sejarah seni,” ungkapnya dalam siaran pers.

Foto: Instagram @visiteiumaexpo

Pameran ini digagas oleh Magister Art dan dikuratori oleh sejarawan seni Claudio Strinati. Telah digelar sebelumnya di Vietnam, Austria, Meksiko, Chile, dan Brasil, pameran ini memadukan teknologi tercanggih dari Magister ArtBox, sehingga memungkinkannya untuk berpindah dari satu negara ke negara lain.

Rafaello Sanzio da Urbino, yang dikenal juga dengan nama Raphael, diakui sebagai salah satu seniman paling terkenal dan dicintai pada periode renaisans. Ia tak hanya mengubah wajah seni, namun juga memiliki pengaruh besar maupun bakat alami dalam perjalanan sejarah seni di dunia.

Foto: Instagram @shamshaddade

Selama hidupnya, ia menghasilkan beragam mahakarya. Salah satunya yang paling terkenal adalah ‘The School of Athens’, yang turut ditampilkan dalam pameran ini.

Dibuat antara tahun 1509-1511, karya ini menghiasi dinding Stanza della Segnatura (Room of the Signatura) di Vatican Museums. Lukisan tersebut menampilkan matematikawan, filsuf, dan ilmuwan terbesar dari zaman klasik yang berkumpul bersama untuk berbagi ide dan belajar.

Untuk menikmati pameran ini dan mengenal lebih dekat pribadi sang maestro renaisans, kamu dapat mendengar penjelasan mengenai profil Raphel dan konsep pameran, sebelum mengikuti arahan perjalanan sesuai tema, yakni dari Intro-Identity, Inhabiting Spaces, Finding Balance, Portraits: Sacred and Profane Subjects, The Papal Apartments, hingga Utopia and Power.

Di setiap area tematik tersebut, kamu dapat membaca narasi dan menyimak video dari karya seni Raphael lewat aplikasi Magister Art yang bisa diunduh di App Store dan Google Play. Jangan lupa siapkan earphone pribadi agar tidak mengganggu pengunjung lain saat mendengarkan audionya.

Foto: Instagram @damascenoeliseu

Untuk berkunjung ke pameran ini, kamu tidak dipungut biaya sama sekali. Cukup datang ke jam berkunjung pameran, yakni Selasa-Minggu pukul 11:00-20:00. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @artpreneur.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here