I’Ampelgading Homeland, Tempat Camping Asyik di Lereng Gunung Ungaran

Foto: Instagram @fendy_chandra

Semarang tak hanya terkenal dengan kawasan Kota Lamanya yang menyuguhkan berbagai bangunan yang menawan. Berkendara sekitar satu jam dari pusat kota, kamu bisa menjumpai deretan wisata alam yang tak hanya menawarkan hawa yang lebih sejuk, namun juga panorama alam yang memukau.

Sebut saja I’Ampelgading Homeland yang terletak di Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasi tempat wisata ini masih satu jalur dengan Taman Bunga Celosia dan Candi Gedong Songo.

Foto: Instagram @rubiatul_a14

Hanya saja, setelah melewati Alun-alun Bandungan, arahkan kendaraan ke Jalan Gintungan Utara, kemudian lurus terus dan ikuti jalurnya hingga tiba di I’Ampelgading Homeland. Dari alun-alun, jaraknya sekitar 4 km atau bisa ditempuh dengan 17 menit berkendara.

Berada di lereng gunung Ungaran di ketinggian sekitar 1.300 mdpl, I’Ampelgading Homeland tak hanya menawarkan udara sejuk khas pegunungan, namun juga panorama yang indah.

Foto: Instagram @syaifulbahreal

Saat langit sedang cerah, kamu akan disuguhkan pemandangan gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah, seperti Andong, Telomoyo, Merbabu, dan Merapi. Pemandangan tersebut bakal lebih memukau ketika lautan awan putih terhampar di depan mata. Saking indahnya, banyak yang menjuluki tempat ini sebagai negeri di atas awan.

Pesona tersebut tak akan berhenti selepas senja. Di sore hari, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam di sejumlah spot yang ada di I’Ampelgading Homeland, sebelum akhirnya langit benar-benar dan cahaya digantikan oleh lampu-lampu kota di kejauhan.

Foto: Instagram @singgihdatya

Berkat keindahan pemandangannya inilah banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sini. Untungnya, pihak pengelola telah menyiapkan lahan yang cukup luas bagi siapa pun yang berniat berkemah dan bermalam di sana.

Kamu cukup membayar tiket masuk Rp5-10 ribu per orang dan tiket camping Rp15 ribu per orang. Kamu bisa membawa sendiri perlengkapan berkemah atau menyewanya di lokasi. Namun bila berniat menyewa, sebaiknya lakukan reservasi dahulu sebelum kedatangan agar tidak kehabisan.

Foto: Instagram @arulridho

Fasilitas yang tersedia antara lain toilet, musala, dan warung yang buka 24 jam. Ada pula sejumlah spot foto Instagrammable yang unik dengan latar pemandangan sekitarnya. Di luar itu, kamu bisa menjajal sejumlah aktivitas lainnya, seperti outbound, wisata jeep, hiking, dan sebagainya. Untuk info lebih lanjut, hubungi 082322599988 atau kunjungi akun Instagram @ampelgading_homeland.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here