Pantai Ngrumput, Tempat Camping Asyik di Gunungkidul

Foto: Instagram @wiel_uwiel

Banyak pantai di Gunungkidul, Yogyakarta yang menawarkan lokasi asyik buat berkemah. Sebut saja Pantai Ngrumput yang terletak tak jauh dari Pantai Drini, atau sekitar dua jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta.

Tak seperti namanya, Pantai Ngrumput tak ditumbuhi rerumputan hijau, melainkan menyuguhkan hamparan pasir putih yang berpadu dengan indahnya bebatuan karang yang tersebar di kawasan pantai.

Foto: Instagram @kurapak

Hanya saja, saat surut, kamu bisa melihat rumput laut yang bertebaran di pantainya. Barangkali inilah yang membuat kawasan ini dinamakan Pantai Ngrumput.

Area pantainya sendiri terbilang luas dan lebar, sehingga dapat menampung  beberapa tenda sekaligus. Bahkan, kamu bisa bermain voli pantai di lapangan yang tersedia.

Foto: Instagram @brielljourney

Sebagai destinasi camping, pantai ini sudah populer di kalangan warga setempat maupun wisatawan. Tak heran kalau kebanyakan yang mengakses pantai ini adalah yang memang berniat berkemah. Meski letaknya agak tersembunyi, hal ini tidak mengurangi semangat mereka untuk camping di sini.

Lokasi pantai ini memang tak langsung dekat area parkir. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu mesti berjalan kaki sekitar 10-15 menit melewati ladang warga dan perbukitan. Namun medannya tidak sulit dan kamu bisa berjalan kaki sembari membawa perlengkapan berkemah yang kamu butuhkan.

Foto: Instagram @potsbebs

Fasilitas di kawasan pantai sendiri terbilang memadai. Kamu bisa menjumpai banyak warung, toilet, dan bahkan persewaan tenda. Dengan demikian, kamu tak perlu repot-repot lagi membawa perlengkapan berkemah. Cukup bawa kebutuhan pribadi maupun perbekalan yang cukup.

Biaya sewa tenda mulai Rp50 ribu, sudah termasuk matras dan ongkos pasang. Kalau mau membuat api unggun, kamu bisa membeli kayu bakar di warung yang dijual Rp15 ribu per ikat.

Foto: Instagram @ernandiass

Tiket masuk kawasan pantai ini sendiri Rp15.000, sementara biaya parkir kendaraan Rp5.000. Kalau mau camping, akan dikenakan biaya tambahan Rp15.000 yang akan digunakan warga untuk menjaga kebersihan pantai.

Sekadar tips, disarankan mendirikan tenda dengan lokasi yang jauh dari bibir pantai. Hal ini untuk menghindari harus pindah lokasi camping saat air pasang. Kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam yang indah dari sisi kanan atau kiri bukit yang mengapit pantai ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here