Wisata Sepeda Bareng JogjaBike, Jelajah Destinasi Menarik di Yogyakarta

Foto: Dok. JogjaBike

Berkeliling kota dengan bermobil merupakan salah satu opsi tercepat dan termudah untuk mencapai beragam atraksi dan destinasi yang ditawarkan. Namun, tak ada salahnya sesekali memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam agenda liburanmu.

Buat yang baru pertama kali ke kota tujuan dan belum percaya diri untuk berkeliling sendiri, kamu bisa menggunakan jasa operator tur. Jasa mereka terutama berguna untuk membantu memetakan rute, menyediakan sepeda beserta pemandu, maupun menyiapkan fasilitas lain, seperti camilan maupun perlengkapan bersepeda .

Foto: Dok. JogjaBike

Di Yogyakarta, misalnya, kamu bisa memercayakan wisata sepeda ini pada JogjaBike. Sudah beroperasi sejak 2018, penyedia wisata gowes di Yogyakarta ini menawarkan tiga pilihan paket, yakni Prambanan Ceria, The Uniqueness Around Jogja Palace, dan Nanggulan.

Sesuai namanya, Prambanan Cerita mengajak peserta untuk bersepeda di dalam kompleks Candi Prambanan yang asri dan teduh. Peserta juga diajak untuk mengunjungi candi-candi lainnya, seperti Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Plaosan, dan Candi Sewu, sembari menyaksikan indahnya hamparan sawah di sepanjang perjalanan maupun menyusuri jalanan kampung dengan masyarakatnya yang ramah.

Foto: Dok. JogjaBike

Berjarak 10 km dengan durasi bersepeda sekitar 3 jam, tur dimulai dari Pintu B Prambanan dengan dua pilihan slot waktu, yakni pukul 07:00 dan pukul 14:00. Biayanya Rp400.000 per orang.

The Uniqueness Around Jogja Palace cocok untuk yang ingin menyusuri sisi lain dari area Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Peserta dapat merasakan sensasi bersepeda menjelajah kampungnya abdi dalem seniman keraton, mengunjungi situs-situs bersejarah, mengeksplorasi Kampung Cyber, dan menikmati sensasi kuliner Njeron Keraton.

Foto: Dok. JogjaBike

Berjarak 8-10 km dengan durasi bersepeda sekitar 2 jam, tur dimulai dari Loko Café dengan empat pilihan slot waktu, yakni pukul 06:00, pukul 12:00, pukul 15:00, dan pukul 19:00. Biayanya Rp200.000 per orang.

Terakhir, paket wisata Nanggulan mengajak peserta bersepeda menyusuri hamparan sawah, melihat indahnya Bukit Menoreh, menguji adrenalin melintasi ekstremnya jalanan kampung Nanggulan, dan menikmati kuliner setempat.

Foto: Dok. JogjaBike

Berjarak 10-16 km dengan durasi bersepeda sekitar 3 jam, tur dimulai dari Geblek Menoreh dengan dua pilihan slot waktu, yakni pukul 06:00 dan pukul 14:00. Biayanya Rp400.000 per orang.

Biaya yang disebutkan di atas sudah termasuk sepeda, helm, pemandu, merchandise, minuman dan makanan ringan, serta file foto selama berwisata. Yang belum termasuk adalah penjemputan menuju titik kumpul, tiket masuk objek wisata, dan dokumentasi profesional menggunakan kamera drone.

Foto: Dok. JogjaBike

Untuk reservasi dan info lebih lanjut, kunjungi jogjabike.id atau akun Instagram @jogja.bike.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here