Highland Camp Curug Panjang, Tempat Camping Seru Dekat Air Terjun

Foto: Instagram @tinnarch

Sedang mencari destinasi alam yang asri untuk liburan selanjutnya? Coba kunjungi Curug Panjang yang berada di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Masih termasuk dalam kawasan lereng Gunung Paseban, curug ini menyuguhkan pemandangan yang masih asri dan alami dengan pepohonan tinggi nan rimbun di sekelilingnya.

Foto: Instagram @indahknissa

Yang membuat curug ini unik adalah alirannya yang tak langsung turun seperti air terjun pada umumnya, melainkan membentuk slope sepanjang sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup deras.

Aliran airnya sendiri berasal dari Sungai Cirangrang. Dari sungai tersebut, terbentuklah empat air terjun, dengan yang paling atas adalah Curug Blao, diikuti Curug Panjang, Curug Bunder, dan Curug Barong.

Foto: Instagram @pegawai_kerajaan

Selain bermain air di sini, kamu juga dapat berkemah di camping ground yang terletak tak jauh dari Curug Panjang. Namanya Highland Camp Curug Panjang.

Menawarkan pemandangan perbukitan dengan hutan rimbun di sekelilingnya, camping ground seluas 5,9 hektar ini menawarkan berbagai sarana maupun fasilitas pendukung bagi pengunjung yang ingin berkemah untuk mengisi liburan bersama keluarga. Beberapa di antaranya adalah kamar mandi, musala, sarana air bersih dan listrik, serta area parkir.

Foto: Instagram @feliciana.lestari

Biaya berkemah Rp65.000 per orang per malam. Kalau membutuhkan penyewaan tenda, kamu bisa langsung menghubungi pihak pengelola. Namun ada baiknya bila membawa perlengkapan sendiri, termasuk perbekalan yang cukup untuk makan malam maupun sarapan keesokan paginya.

Dari area camping ground ke curug hanya berjarak sekitar 300 meter, atau bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit. Untuk memasuki kawasan curug, tiketnya Rp12.000 per orang. Kamu juga bisa trekking ke curug-curug lain yang ada di sekitar camping ground, atau menyusuri jalan setapak untuk menjelajahi hutannya yang rimbun.

Foto: Instagram @willyasiregar

Jangan lewatkan pula kunjungan ke Taman Kunang-kunang untuk melihat ribuan serangga bercahaya yang aktif di malam hari tersebut. Waktu terbaik untuk menikmati keindahannya adalah antara pukul 19:30 hingga 22:00 ketika suhu berkisar antara 17-20 derajat Celsius dan cuaca sedang tidak hujan.

Bila tertarik berkemah di Highland Camp Curug Panjang, kamu bisa reservasi dahulu ke WhatsApp 08111114084. Untuk mengaksesnya, kamu bisa berkendara dari pusat kota Jakarta dengan jarak tempuh 70 km, atau sekitar 1,5 jam berkendara via Jalan Tol Jagorawi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here