#SpaDiRumah: Resep Alami Atasi Mata Bengkak dan Mata Panda

Walau sementara ini harus berdiam di rumah saja karena PPKM Darurat, bukan berarti kamu tak bisa melakukan spa untuk memanjakan diri. Banyak perawatan spa yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Nah, buat kamu yang sering mengalami mata bengkak atau mata panda karena alasan tertentu, seperti stres, usia, insomnia, atau terlalu banyak menonton, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan dan menyegarkan mata.

Tak perlu krim atau obat mahal, kamu bisa mendapatkan hasil yang sama (atau bahkan lebih baik) di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Timun dan Teh Hijau

Menurut penelitian, timun memiliki banyak manfaat bagi kulit, termasuk menghidrasi mata dan jaringan sekitarnya, mengurangi kantong hitam di bawah mata, serta membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Sementara teh hijau mengandung sifat antioksidan dan banyak tanin, yang bisa membantu mengecilkan pembengkakan dan mengurangi cairan di sekitar mata, selain mengencangkan kulit dan mengurangi lingkaran hitam.

Caranya mudah, kamu tinggal menyeduh teh hijau, dan membiarkannya hingga dingin. Kemudian, iris timun dan masukkan ke dalam teh hijau. Dinginkan di dalam kulkas. Setelah itu, letakkan irisan timun yang sudah direndam tersebut di atas mata selama 10 menit.

  1. Kentang

Kentang mengandung enzim pemutih alami yang disebut catecholase, yang berguna untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Tak hanya itu, kentang juga kaya vitamin A, B, dan C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Caranya, kupas kentang yang sudah didinginkan sebelumnya di kulkas dan potong menjadi irisan tipis-tipis. Kemudian, diamkan di atas mata selama 10 menit, dan basuh wajah dengan air bersih.

  1. Tomat

Tomat dapat memberikan nutrisi sekaligus mencerahkan kulit, sehingga bermanfaat untuk mengatasi lingkaran hitam yang mengganggu di sekitar mata. Namun penggunaannya perlu diperhatikan untuk kulit sensitif. Sebaiknya coba dulu di area tersembunyi untuk melihat reaksi alergi.

Cara membuat masker tomat untuk mata adalah dengan menghaluskan tomat hingga lembut, kemudian mengoleskannya di bawah mata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Nah, sambil menikmati efek masker di atas pada mata, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi dan musik yang menenangkan agar kamu bisa benar-benar rileks. Selamat mencoba!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here