Snorkeling di Danau Labuan Cermin, Airnya Sebening Kaca!

Foto: Instagram @brinkleydavies

Buat traveler yang sering bepergian jauh ke pelosok Indonesia, tentu sudah tak asing lagi dengan Danau Labuan Cermin. Danau cantik di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Walau jauh dan untuk mencapainya membutuhkan perjuangan, banyak wisatawan penasaran yang rela jauh-jauh kemari untuk menyaksikan keindahannya secara langsung. Tentu saja semua itu langsung terbayarkan begitu tiba di danau yang perairannya sebening kaca dan mengilap layaknya cermin.

Foto: Instagram @pixytripper

Tanpa harus menyelam pun, kamu bisa melihat apa saja yang ada di dalam danau, bahkan yang teronggok di dasarnya – mulai dari ranting-ranting hingga bebatuan. Saking jernihnya, bayangan kapal di air pun terlihat jelas, seakan-akan sedang berhadapan dengan cermin.

Tak heran, karena lapisan pada danau tersebut memang dapat membuat cahaya matahari memantul. Pasalnya, danau tersebut memiliki perairan yang terbagi menjadi dua, yakni bagian atas yang memiliki rasa asin, serta bagian dasar yang tawar. Lapisan pemisah inilah yang membuat air dapat memantul.

Foto: Instagram @luqmanulkhakim

Meski terlihat dangkal, kamu tetap harus berhati-hati saat menyelami perairannya karena kedalaman danau ini variatif, bisa mencapai enam meter. Kalau tidak bisa berenang, kenakan jaket pelampung biar tetap aman.

Selagi snorkeling, kamu bisa melihat biota yang hidup di danau, seperti ikan-ikan yang berseliweran di dalamnya. Jangan lupa berpose dan mengabadikan keindahannya ya! Ranting-rantingnya yang fotogenik bisa menjadi latar untuk foto kamu biar makin eksotis. Formasi bebatuannya pun tak kalah indah, sehingga dijamin kamu pun bakal betah berlama-lama di danau demi berfoto.

Foto: Instagram @hvtrip

Kalau lelah dan ingin beristirahat, kamu bisa duduk-duduk di dermaga atau bersantai di atas ban sembari menikmati keindahan danau yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Suasananya begitu asri dan teduh, sehingga cocok untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas maupun keramaian kota.

Jangan khawatir bila tak membawa alat snorkeling, karena di dekat danau ada tempat penyewaan yang juga menyewakan ban. Sementara yang pergi bersama jasa tur, biasanya alat snorkeling beserta fasilitas lainnya sudah dimasukkan ke dalam harga paket.

Danau Labuan Cermin bisa diakses dengan perjalanan darat sekitar 6,5 jam dari Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau. Kalau dari Jakarta, kota tersebut dapat dicapai dengan naik pesawat via Balikpapan.

Waku terbaik kemari adalah siang hari ketika sedang cerah, sehingga sinar matahari dapat menampakkan perairan danau yang superbening. Selesai berkunjung, kamu bisa membeli oleh-oleh atau mencicipi kuliner setempat di warung dekat danau, atau bahkan bermalam di salah satu penginapannya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here