Menikmati Keasrian Kebun Raya Cibodas dari Atas Sepeda

Sebagai destinasi wisata, Kebun Raya Cibodas tak pernah membosankan untuk dikunjungi, terlebih di masa pandemi ini ketika sudah bosan terkungkung di dalam rumah selama berbulan-bulan dan berniat melewatkan liburan di alam terbuka.

Berada di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, tepatnya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, lokasinya pun mudah diakses, yakni hanya sekitar satu jam berkendara dari Taman Safari Bogor, atau setengah jam berkendara dari Istana Cipanas.

Foto: Dok. Google Maps/Ferdy Warganegara

Kebun Raya Cibodas ini sudah berdiri sejak 1852. Adalah Johannes Ellias Teijsmann, seorang ahli botani yang saat itu menjadi pelopor berdirinya kebun raya tersebut. Awalnya, kebun tersebut dimanfaatkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tanaman asal luar negeri, sebelum kemudian berkembang menjadi kebun raya seperti sekarang ini.

Seluas 85 hektar, Kebun Raya Cibodas memiliki sejumlah taman tematik. Salah satunya yang paling populer adalah Taman Sakura. Taman seluas dua hektar ini menjadi destinasi favorit bagi yang pengunjung yang ingin menikmati langsung keindahan mekarnya sakura.

Foto: Instagram @nurulfatiah90

Uniknya, bila di Jepang sakura hanya mekar sekali dalam setahun, lain lagi dengan sakura di Kebun Raya Cibodas. Sakur di sini mekar setiap enam bulan, yakni antara Januari hingga Februari dan Agustus hingga September. Sebelum datang, ada baiknya menghubungi kantor pengelolaannya di 087885892946 (Whatsapp) atau menanyakan langsung ke admin akun Instagram @kebunrayacibodaslipi untuk mengetahui jadwal bunga mekar.

Selain Taman Sakura, ada taman-taman lainnya yang menarik, seperti Taman Paku-pakuan, Taman Liana, dan Taman Lumut. Kebun Raya Cibodas bahkan memiliki koleksi bunga bangkai yang ditanam pertama kali pada tahun 2000.

Foto: Instagram @yukianggia

Saking luasnya, Kebun Raya Cibodas ini memang lebih asyik kalau dijelajahi sambil bersepeda. Ditemani rindangnya pepohonan di sepanjang rute, hawanya pun sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 1.425 mdpl.

Selain mengagumi koleksi tanamannya, kamu bisa mengunjungi air terjun yang ada di kebun raya ini. Salah satunya berlokasi dekat Taman Sakura, sementara yang lain berada di dekat pintu masuk.

Tiket masuk Kebun Raya Cibodas adalah Rp22.500 di hari biasa dan Rp32.500 di akhir pekan. Bila datang kemari membawa sepeda, cukup menambah biaya Rp15.000 di hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan. Sementara bila datang dengan kendaraan, cukup membayar tiket Rp35.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Semua tiket ini dibeli via www.kebunraya.id.

Buat kamu yang datang membawa kendaraan sendiri ke lokasi dan berniat bersepeda di Kebun Raya Cibodas, kamu bisa menyewa sepeda langsung di lokasi dengan membayar mulai Rp25.000 per jam. Jangan khawatir tersesat, karena ada petunjuk arah yang jelas di berbagai sudut di kebun ini. Jadi kamu tinggal mengarahkan sepeda ke tujuan pilihanmu.

Foto: Instagram @handys_ck

Jam operasional Kebun Raya Cibodas adalah pukul 08:00 hingga 16:00 setiap harinya. Tempat wisata ini menerima pengunjung dari berbagai daerah, namun selama di lokasi mereka wajib menerapkan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, menjaga jarak dengan pengunjung lain, serta tidak membuat kerumunan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here