Wajib Dicoba! Snorkeling di Blue Lagoon, Padangbai

Foto: Instagram @xingzwu

Padangbai, kawasan pesisir di timur Bali, tak hanya terkenal sebagai gerbang untuk menuju Lombok. Kota mungil ini juga memiliki deretan pantai indah yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Blue Lagoon yang terletak dekat dengan Pelabuhan Padangbai.

Sesuai namanya, pantai ini memang memiliki perairan biru yang mengundang untuk diselami. Suasananya tenang dan relatif sepi pengunjung, sehingga serasa berwisata di pantai pribadi. Tanpa harus berebutan spot, kamu dapat dengan mudah menggelar di hamparan pasir putihnya untuk sekadar berjemur ataupun berpiknik. Di tepinya pun banyak disediakan sunbed yang disewakan mulai Rp25.000 saja.

Uniknya, meski masih satu kawasan dengan Pantai Padangbai, karakter pasir putihnya tak sama. Pasir di sini butirannya kasar dan besar, mirip merica, tak sehalus pasir di Pantai Padangbai yang lebih lembut.

Selain mengagumi keindahan pantainya, kamu pun dapat snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Kamu bisa menjumpai ikan-ikan karang seperti moorish idol dan ikan Napoleon, penyu, dan bahkan hiu karang bila beruntung.

Foto: Instagram @xingzwu

Tak jarang, perairannya sering digunakan untuk lokasi scuba diving karena memiliki hamparan batu karang yang dangkal yang cocok untuk underwater photography maupun night diving. Kualitas kehidupan bawah lautnya memang patut diacungi jempol, karena menyimpan banyak macam biota.

Oh iya, karena lokasinya yang langsung menghadap laut luas, disarankan untuk snorkeling ketika ombak sedang tenang-tenangnya. Selain lebih aman, jarak pandang saat ombak tinggi hanya di kisaran 1-3 meter saja, sehingga aktivitas snorkeling pun tidak bisa benar-benar kamu nikmati. Selain itu, tetap berhati-hati agar tidak terlalu jauh ke tengah laut.

Foto: Instagram @_thisisvince

Kamu bisa membawa sendiri peralatan snorkeling ke lokasi. Kalaupun tidak ada, di kawasan pantainya ada beberapa tempat yang menyediakan peralatan snorkeling dengan kisaran harga sewa mulai Rp25.000 per item, atau sekitar Rp60.000 sudah satu set beserta jaket pelampung, snorkel mask, dan kaki katak.

Pantai Blue Lagoon sendiri terletak sekitar satu kilometer jauhnya dari Pelabuhan Padangbai. Dari Denpasar, kamu dapat mencapai pantai tersebut dengan berkendara selama sekitar satu jam via Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Foto: Instagram @andikalibin

Masuk ke Pantai Blue Lagoon ini tidak dikenakan biaya, kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Dari tempat parkir, kamu harus berjalan kaki menuruni tangga sekitar lima menit. Walaupun membutuhkan sedikit perjuangan, semuanya akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here