Trek Lari di Danau BSB, Tawarkan Teduhnya Pepohonan dan Pemandangan Indah

Foto: Dok. Google Maps/Muhammad Bagus Aditya

Sedang berada di Semarang dan ingin mencari tempat berlari dengan suasana yang masih asri? Cobalah arahkan kendaraan ke pinggir kota, tepatnya di BSB City, Kecamatan Mijen.

Berada di ketinggian 200-250 mdpl, BSB City sebenarnya merupakan area permukiman. Namun berbeda dengan permukiman lain yang biasanya padat dan ramai, kawasan ini memiliki konsep tata ruang yang mementingkan lingkungan. 

Dikelilingi hamparan hutan karet dengan pemandangan Gunung Ungaran, Sindoro, dan Sumbing di kejauhan, di sini jugalah kamu bisa menjumpai danau buatan seluas 7,5 hektar dengan panorama yang sangat indah dan lingkungan yang masih bersih. 

Foto: Dok. Google Maps/Prudentiana Darayu Adinata

Jalan beraspal yang melingkar mengelilingi danau biasanya dimanfaatkan warga untuk menikmati suasana pagi maupun sore dengan berjalan santai atau berlari. Jaraknya lumayan panjang untuk satu putaran, yakni sekitar 1,4 kilometer. 

Bagi yang tak terbiasa berolahraga, satu-dua putaran berlari di sini sudah cukup menguras tenaga. Kalau di tengah-tengah berlari ingin beristirahat, kamu dapat duduk-duduk di salah satu bangku yang tersedia di sekeliling danau sembari menikmati pemandangan dan mendengarkan suara kicauan burung.   

Foto: Dok. Google Maps/Ahmad Ghozali

Trek joging ini sendiri cukup teduh, karena di sekitarnya dinaungi pepohonan dan ditumbuhi rerumputan hjau. Namun, untuk menghindari terik matahari, disarankan untuk datang sepagi mungkin, yakni sekitar pukul 06:00, atau sore hari sekitar pukul 16:00 agar dapat berolahraga dengan nyaman. 

Seusai berolahraga, kamu dapat berfoto di beberapa spot fotogenik yang ada di sini, entah dengan latar danau, gundukan bukit kecil berselimutkan rerumputan hijau yang mengingatkan akan Bukit Teletubbies, atau di tengah pepohonan rimbun. Kalau lapar, kamu dapat bersantap di salah satu kafe yang ada di sekitar danau. 

Foto: Dok. Google Maps/Thomas Hanawan

Fasilitas lain yang tersedia di Danau BSB adalah toilet umum maupun kandang rusa yang cukup terawat. Bila membawa si kecil, kamu bisa mengajak mereka untuk berinteraksi dan memberi makan hewan-hewan tersebut. 

Akses menuju Danau BSB sangat mudah. Dari pusat kota Semarang, jaraknya sekitar 20 kilometer, atau dapat ditempuh dengan 50 menit berkendara. Setibanya di gerbang masuk perumahan, lanjutkan perjalanan selama sekitar 100 meter hingga tiba di lokasi tujuan. Kamu kemudian bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, sebelum memulai aktivitas olahraga. 

Foto: Instagram @nadiyaham

Karena danau tersebut merupakan salah satu fasilitas perumahan, kamu tak perlu membayar tiket untuk mengaksesnya. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan selama di sana. 

Selama pandemi, Danau BSB dibatasi jam operasionalnya, yakni mulai pukul 06:00 hingga 18:00. Jumlah pengunjung juga dibatasi, dan saat berolahraga di sini, wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Direkomendasikan datang di luar akhir pekan kalau mau berkunjung kemari. Bisa juga ke kafe di sekitarnya terlebih dahulu, baru kemudian mengakses area danau. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here