Menyelam di Pulau Weh, Jangan Lewatkan Spot Keren Berikut Ini

Dapat dicapai dengan naik kapal cepat selama 50 menit dari Banda Aceh, Pulau Weh tak hanya menawarkan deretan pantai indah, namun juga sejumlah titik selam dengan alam bawah laut yang menakjubkan. Kondisi perairannya pun cenderung tenang, sehingga cocok bagi para penyelam pemula. 

Berikut rekomendasi spot menyelam di Pulau Weh yang bisa kamu coba. 

1. Batee Tokong 

Terletak tak jauh dari Pulau Seulako, atau sekitar lima menit naik kapal dari Pantai Iboih, spot ini menawarkan pengalaman menyelam di antara dinding karang yang tertutup kipas laut. Sering dilintasi hiu, di spot ini juga kamu dapat menjumpai berbagai biota laut lainnya, seperti barakuda, lepu ayam, gurita, dan belut moray. 

2. Shark Plateau 

Terletak di sisi utara Batee Tokong, spot dengan kedalaman 24 sampai 28 meter ini merupakan tempat untuk melihat hiu karang hitam dan putih, dan bila beruntung, hiu karang abu-abu. Di sini juga dapat ditemui spesies lainnya, seperti barakuda, kakap hitam, dan kuwe gerong. 

3. Batee Gla 

Situs ini berupa formasi batu-batu raksasa yang mencapai kedalaman 40 meter. Dari pinggir pantai, kamu bahkan dapat melihat deretan bebatuan yang tampak menggunung ini. Menyelam di sini, kamu dapat menikmati pengalaman seru berenang melewati celat sempit di antara dua batu raksasa. 

Foto: Instagram @muhammad_md_jamil

4. The Canyon

Dinamai demikian karena mengingatkan akan Grand Canyon, spot ini memang menawarkan pengalaman unik, yakni menyusuri saluran ngarai selebar lima meter dengan kedalaman mencapai 60 meter. Di sini, kamu tak hanya dapat menikmati keindahan kipas laut, namun juga ikan napoleon, pari manta, dan bahkan kawanan barakuda. 

5. Sophie Rickmers

Sophie Rickmers merupakan nama kapal milik Jerman yang sengaja ditenggelamkan saat Perang Dunia II, dan kini tergeletak di kedalaman sekitar 55 meter di Teluk Pria Laot. Difavoritkan penyelam dunia, spot ini termasuk penyelaman dalam, sehingga hanya boleh diselami oleh pemegang lisensi minimal advance atau yang sudah berpengalaman. 

Foto: Instagram @alexeymolchanov

Akses

Untuk mencapai pulau ini, kamu dapat naik kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang, Weh. Ada beberapa pilihan kapal dengan jadwal yang bisa dilihat di jadwalkapal.bandaacehkota.info/tracking dan tiket yang dapat dibeli di acehtiket.id. Harga tiket tergantung kelas. Misalnya, untuk kapal cepat Express Bahari tarifnya Rp80.000 untuk kelas Executive dan Rp100.000 untuk kelas VIP.

Bila ingin menyelam, kamu dapat memilih resor-resor yang menawarkan fasilitas yang memadai, seperti Pulau Weh Dive Resort, The Pade Dive Resort, dan Lumba Lumba Diving Centre. Biasanya resor-resor ini juga menawarkan penjemputan dari pelabuhan, karena jaraknya ke akomodasi di kawasan Iboih, Gampang, dan Sabah cukup jauh.

Opsi lainnya, kamu dapat membeli paket tur menyelam, seperti dari Alpha World Diving dengan tarif mulai Rp7,8 juta yang sudah termasuk akomodasi 5H/4M, 8 kali diving, makan dan kudapan, transportasi dari/ke bandara dan pelabuhan, serta tiket feri. 

Selama pandemi, wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat berkunjung ke Pulau Weh. Selain melewati pemeriksaan suhu tubuh di pelabuhan, wisatawan harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara berkala. Bagi warga Jakarta, mereka juga wajib mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 untuk naik pesawat ke Banda Aceh. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here