Pastikan Keselamatan Tamu, Airbnb Rilis Aturan Baru Terkait Pencegahan Covid-19

Foto: Dok. Airbnb

Demi menekan risiko penularan Covid-19, Airbnb merilis serangkaian aturan baru guna memastikan keselamatan tamu maupun tuan rumah. Aturan baru tersebut termasuk mewajibkan mereka untuk mengenakan masker dan menerapkan jaga jarak fisik saat berinteraksi.

Tak hanya itu, tuan rumah juga memiliki tenggat hingga 20 November untuk menerapkan proses pembersihan lima langkah dari Airbnb. Bila mereka tak menghiraukan hal tersebut hingga batas waktu yang ditentukan, Airbnb akan memberikan peringatan, menangguhkan, dan dalam beberapa kasus, menghapus akun mereka dari platform Airbnb.

Proses lima langkah itu sendiri mencakup persiapan, pembersihan secara menyeluruh, penyemprotan disinfektan, pengecekan, dan pengaturan kamar untuk tamu selanjutnya. Demi memudahkan tuan rumah saat menerapkan rutinitas pembersihan baru ini, Airbnb telah menyiapkan checklist, tip tambahan, dan hal penting lainnya dalam tab Performance di akun mereka.

Foto: Dok. Airbnb

Tuan rumah yang telah mengikuti proses pembersihan lima langkah ini juga akan mendapatkan highlight spesial di daftar pencarian Airbnb, sehingga calon tamu pun dapat mengetahui kalo properti tersebut telah dibersihkan secara teratur sesuai standar Airbnb.

Airbnb sebelumnya telah merilis Enhanced Cleaning Protocol pada April lalu, dan sejak saat itu, tercatat hampir 1,5 juta properti di lebih dari 220 negara di seluruh dunia yang mengikuti program tersebut. Selama beberapa bulan terakhir, properti yang telah menerapkan protokol pembersihan yang baru rata-rata menerima peringkat bintang 4,8 dari para tamu dalam hal kebersihan, selain dipesan tiga kali lebih sering daripada properti lain yang belum menerapkan protokol baru.

Di awal pandemi, Airbnb juga telah merilis pedoman kesehatan dan keselamatan sesuai dengan pedoman dari WHO dan CDC, termasuk mewajibkan tamu agar mengenakan masker saat berinteraksi dengan tuan rumah atau bila sedang berada di area bersama yang bisa diakses oleh orang asing. Tamu juga diminta untuk menjaga jarak dari siapa pun yang bukan bagian dari grup reservasi mereka, serta selalu mencuci tangan seusai menyentuh permukaan benda dan peralatan di ruang bersama.

Untuk mencegah gelaran pesta di rumah, Airbnb juga telah memberlakukan aturan yang lebih ketat. Kini, tamu yang berusia di bawah 25 tahun dengan kurang dari tiga ulasan positif tidak lagi dapat menyewa properti Airbnb yang terletak dekat dengan rumah mereka.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here