Wisata Ziarah di Kota-kota Suci India (Bagian 2)

Melancong di India berarti menikmati suguhan destinasi yang kaya sejarah dan budaya tradisional. Namun bagi pejalan yang ingin menyaksikan lebih dekat ritual agama dan tradisi sakral, kunjungilah kota-kota suci ini untuk merasakan pengalaman berbeda.

  • Amritsar

Berada di bawah otoritas negara bagian Punjab, kota ini didirikan pada 1577 oleh Guru Ram Das, guru keempat Sikh. Amritsar merupakan kota spiritual Sikh yang ikonis dengan Kuil Emas yang menarik banyak peziarah dari seluruh dunia. Untuk merasakan pengalaman berbeda, kunjungi Kuil Emas pada siang dan malam hari. Jika bertandang saat fajar, pengunjung dapat menyaksikan momen Guru Granth Sahib (kitab suci Sikh) dikeluarkan.

Sebagian besar festival yang berlangsung di Amritsar bersifat religius, sebut saja Diwali, Holi, Lohri (festival api unggun pada Januari), dan Baisakhi (tahun baru Punjab dan peringatan berdirinya persaudaraan agama Sikh pada April) yang dirayakan dalam skala besar. Baisakhi semarak dengan tarian bhangra, musik rakyat, dan pameran. Sebagian besar perayaan diselenggarakan di Kuil Emas, namun ada beberapa prosesi yang dilakukan di ruang terbuka dan jalanan kota.

  • Bodh Gaya

Bodh Gaya adalah tempat ziarah Buddha terpenting di dunia, yang terletak di negara bagian Bihar. Di sinilah Sang Buddha mendapat pencerahan selama bertapa di bawah pohon Bodhi yang keramat, lokasinya sekarang dapat dikunjungi di kompleks Kuil Mahabodi. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Kuil Mahabodi tidak menyisakan pohon bodi tempat Sang Buddha meraih kesempurnaan, karena pohon aslinya telah hancur seiring waktu, baik oleh alam dan orang yang tidak bertanggung jawab.

Bodh Gaya mudah dicapai dengan kereta api yang terhubung dari kota Patna, Varanasi, New Delhi, Kolkata, Puri, dan daerah lain di Bihar. Perjalanan dari Patna memakan waktu sekitar dua setengah jam perjalanan. Bodh Gaya ramai dikunjungi peziarah sekitar September dan puncaknya pada Januari. Kunjungi Bodh Gaya saat November hingga Februari, saat cuaca bersahabat.

  • Puri

Puri adalah salah satu dari empat Char Dham, tempat tinggal sakral yang berkenaan dengan Dewa Wisnu. Dikisahkan bahwa Dewa Wisnu turun ke bumi selama masa kesusahan untuk memberantas kejahatan dan memulihkan ketertiban kosmik. Saat ini, ia tinggal di Puri dalam wujud Dewa Jagannath untuk memberikan perlindungan selama Kali Yuga (zaman kegelapan).

Umat ​​Hindu percaya bahwa mengunjungi semua Char Dham akan membersihkan mereka dari dosa, sehingga dapat mencapai moksa (pembebasan dari reinkarnasi). Menurut mitologi Hindu, Dewa Wisnu makan di Puri; mandi di Rameswaram, Tamil Nadu; berpakaian dan diurapi di Dwarka, Gujarat; dan bermeditasi di Badrinath, Uttarakhand. Oleh karena itu, makanan di Kuil Jagannath yang hanya dapat dimasuki umat Hindu ini sangat penting artinya.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here