Mau ke Raja Ampat? Simak Rencana Perjalanan 5H/4M Ini

Misool

Bagi para pelancong, Raja Ampat merupakan salah satu destinasi impian yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Merencanakan perjalanan ke sana memang tak mudah. Selain menyiapkan dana, pelancong juga mesti pintar-pintar mengatur waktu karena Raja Ampat bukan destinasi yang bisa dikunjungi satu-dua hari.

Belum lagi tiket pesawat ke Sorong yang relatif mahal. Tiket dua arah untuk Jakarta-Sorong sekitar Rp 4 jutaan. Sayang bukan bila hanya sebentar di sana? Setidaknya Anda mesti mengalokasikan lima hari empat malam untuk menjelajah Raja Ampat, dengan memilih rute sampai Misool yang jauh di selatan Kepulauan Raja Ampat, atau cukup di sekitar kawasan utara yang lebih dekat dari Sorong.

Paket perjalanan yang ditawarkan para operator biasanya tidak termasuk tiket pesawat ke Sorong, dengan harga yang tergantung durasi, jumlah peserta dalam rombongan, dan fasilitas yang ditawarkan, di mana untuk lima hari empat malam berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 per orang, sudah termasuk berbagai tiket masuk tempat wisata dan pin Raja Ampat.

Berikut adalah dua opsi rencana perjalanan untuk menjelajah Raja Ampat selama lima hari empat malam.

Opsi 1: Sorong – Misool 

HARI 1

Tiba di Sorong pagi hari dan menuju pelabuhan untuk naik kapal menuju Misool selama empat jam. Bila ikut tur, makan siang berupa nasi kotak/nasi bungkus akan dibagikan di kapal dan beberapa operator juga akan berhenti di Pulau Banos yang memiliki pantai berpasir putih untuk beristirahat dan makan siang. Setelah makan, perjalanan dilanjutkan ke Kampung Harapan Jaya, tempat homestay berada.

HARI 2

Setelah sarapan, keliling pulau-pulau di sekitar Misool dengan mampir di Lenmakana, danau ubur-ubur tanpa sengat. Belum memiliki jalur atau tangga seperti di Kakaban, untuk menuju danau ini pengunjung harus memanjat batu karang yang tajam dan curam. Dasar danau di Lenmakana cukup dalam, sehingga air tidak akan berubah keruh akibat kayuhan kaki yang mengunakan fins.

Mintalah juga untuk mampir di Gua Keramat yang berada di Teluk Tomolol. Dihiasi stalaktit dan stalagmit di mulut gua, gua ini menyimpan dua makam yang dipercaya sebagai penyebar Islam di Misool, yang merupakan pasangan suami istri dari Banda. Masyarakat Misool juga kerap berziarah ke sini, terutama bila akan berangkat menunaikan ibadah haji. Karena kapal tidak bisa masuk, menyusuri gua ini harus dengan berenang.

HARI 3

Kembali melakukan penjelajahan pulau-pulau, namun hari ini lebih fokus untuk menikmati alam bawah laut, di mana perjalanan menuju situs-situs snorkeling juga akan melewati hamparan tebing-tebing karst yang menawan. Di sela-sela snorkeling, trekking ke puncak tebing karst di Harfat untuk menikmati pemandangan dan sesudahnya snorkeling di house reef Misool Eco Resort, baru kembali ke Kampung Harapan Jaya.

HARI 4

Setelah sarapan, kembali ke Sorong untuk belanja oleh-oleh, kemudian check-in di hotel di Sorong karena pesawat baru akan berangkat keesokan hari.

HARI 5

Menuju bandara untuk pulang ke tempat asal masing-masing.

Opsi 2: Sorong – Kawasan Utara Raja Ampat

HARI 1

Tiba di Sorong pada pagi hari dan menuju pelabuhan untuk ke Pulau Mansuar, tempat akomodasi berada. Setelah check-in dan makan siang, snorkeling di dermaga Desa Arborek dan berkeliling desa, serta menikmati pemandangan matahari terbenam dalam perjalanan pulang ke Mansuar.

HARI 2

Setelah sarapan menuju Teluk Kabui dan Wayag yang terdiri dari Wayag 1 dan Wayag 2 untuk snorkeling dan trekking sambil menikmati pemandangan dan mampir di gua untuk melihat lukisan tangan manusia purba. Menjelang sore kembali ke akomodasi untuk menikmati matahari terbenam.

Wayag

HARI 3

Subuh ke Desa Sawinggrai untuk trekking ringan dan melihat cenderawasih, kemudian kembali ke akomodasi untuk sarapan. Sesudahnya, snorkeling di Friwen Bonda, Yenbuba, dan menikmati matahari terbenam di pasir timbul, sebelum kembali ke akomodasi di Mansuar.

HARI 4

Setelah sarapan, snorkeling di Mioskon, kemudian kembali ke akomodasi untuk makan siang dan berbenah karena akan check-out dan kembali ke Sorong. Setibanya di Sorong, check-in di hotel dan membeli oleh-oleh sekaligus makan malam.

HARI 5

Menuju bandara untuk pulang ke tempat asal masing-masing.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here